Sunday, 23 September 2018

Pesona Masjid Islamic Center Indramayu Jadi Perhatian Masyarakat dan Netizen

Rabu, 7 Maret 2018 — 9:29 WIB
Masjid Islamic Center pemandangan malam hari tampak dari depan. (taryani).

Masjid Islamic Center pemandangan malam hari tampak dari depan. (taryani).

INDRAMAYU –  Pembangunan Masjid Islamic Center Indramayu yang disebut-sebut sebagai masjid termegah dan terbesar di Wilayah III Cirebon belum rampung, tapi sudah menjadi perhatian masyarakat termasuk para netizen di media sosial.

Masjid yang dibangun dengan biaya sekitar Rp40 Milyar itu terletak di Simpang Lima  Pekandangan. Masjid yang cukup besar dan luas itu dibangun di bekas masjid Islamic  Center lama yang biasa disinggahi bus-bus rombongan para peziarah untuk beristirahat atau menunaikan kewajiban shalat.

“Dulu di tempat ini dikenalnya masjid Islamic Center.  Biasa kita shalat saat akan ziarah Wali Sanga. Sekarang bentuk masjid itu sudah berubah. Rupanya Masjid Islamic Center yang lama dibongkar diganti masjid yang baru. Bangunannya sangat megah dan indah,” tutur H.Zaim, 57 warga dari Jakarta yang kebetulan mampir ke masjid itu.

Ia tertarik dengan arsitektur bangunan masjid yang sangat megah dan indah. Arsiteknya pintar memadukan model bangunan masjid zaman modern tetapi tidak melewatkan kesan bangunan masjid tempo dulu. Ada 4 menara yang menjulang setinggi kurang lebih 100 meter di empat sudutnya.

Bangunan masjid dihiasi 3 kubah. Kubahnya terbesar  berada persis di tengah-tengah bangunan dan diapit dua kubah ukuran lebih kecil yang terletak di samping kiri-kanan.

Ornamen masjid  dibuat sangat apik mengesankan arsitektur bangunan masjid di Timur Tengah.

Ada pelataran parkir yang cukup luas yang mampu menampung cukup banyak  kendaraan roda dua dan roda empat. Di dekat halaman parkir dibangun taman air mancur yang jumlahnya cukup banyak dan tampak indah.

Lebih indah lagi  jika berkunjung pada malam hari. Ratusan lampu led yang indah memancarkan sinar terang benderang sehingga mampu menyedot perhatian para pengguna jalan yang kebetulan melintasi Simpang Lima Pekandangan.

“Ukuran masjid ini begitu luas melebihi luas masjid Islamic  Center yang lama. Sungguh luar biasa,” katanya seraya menambahkan lebar masjid mencapai sekitar 70 meter dan panjang sekitar 90 meter. Belum termasuk halaman parkir dan taman air mancur yang sangat luas.

Kontraktor pembangunan Masjid Islamic Center, H.Carsa dijumpai Pos Kota, Selasa (6/3) menerangkan, pembangunan masjid dilakukan bertahap. Sumber dana dari APBD Pemkab Indramayu. Pembangunannya dimulai tahun 2017  rampung pada tahun 2018.

“Progres pembangunan masjid sudah mendekati finishing. Bulan Maret 3018 ini Insya Allah pembangunannya selesai,” katanya.

Ditanya mengenai kualitas lahan parkir, ujar H. Carsa menjamin lahan parkir itu tidak bakal amblas sekalipun nantinya ada beberapa bus yang diparkir. Lahan parkir menggunakan paving block yang dibawahnya ditopang urugan sirtu setinggi 50 cm dan dipadatkan. “Mudah-mudahan setelah rampung segera diresmikan,” katanya. (taryani/tri)