Wednesday, 21 November 2018

Anies Sebut Jakarta Belum Ramah Bagi Penyandang Disabilitas

Jumat, 9 Maret 2018 — 14:44 WIB
Penyandang Disabilitas terpaksa berjalan di badan jalan karena trotoar yang merupakan fasilitas umum dipenuhi kedaraan yang parkir .(dok)

Penyandang Disabilitas terpaksa berjalan di badan jalan karena trotoar yang merupakan fasilitas umum dipenuhi kedaraan yang parkir .(dok)

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut  Jakarta belum ramah terhadap penyandang disabilitas.

Anies menilai fasilitas-fasilitas umum belum mencukupi kebutuhan dan pemenuhan hak-hak kaum disabilitas,

Anies mengatakan untuk mengatasi persoalan tersebut, Pemprov DKI Jakarta akan melibatkan kaum difabel dalam penentuan kebijakan yang ditujukan kepada khususnya penyandang disabilitas.

“Wah jauh, belum (memenuhi). Jadi kami garisbawahi dari awal kebutuhan warga penyandang disabilitas itu bervariasi. Tergantung kebutuhannya dan data garisbawahi kita itu di pemprov jangan merasa lebih tahu. Justru kita harus mendengar dan mengajak teman penyandang disabilitas untuk menunjukkan apa saja yang menjadi kendala, apa saja yang menjadi kebutuhan dan lalu kita mengakomodasi,” kata Anies di Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat (9/3/2018).

Selain itu untuk penyandang disabilitas, fasilitas khusus juga ditujukan kepada warga lansia dan ibu hamil. Anies berharap fasilitas-fasilitas untuk orang yang berkebutuhan khusus dapat dipenuhi Pemprov DKI. Kebijakan itu disebut Anies akan tertuang dalam instruksi gubernur yang tengah disusun.

“Kebutuhan khusus itu bervariasi. Termasuk juga bagi lansia dan bagi ibu-ibu yang mengandung sehingga ada fasilitas-fasilitas yang memadau bagi mereka. Jadi sedang dalam proses penyusunan intruksi gubernur, nanti kalau instruksinya sudah selesai saya akan sosialisasikan,” imbuhnya.

Anies menambahkan Sabtu (10/3/2018) bersama dengan para penyandang disabilitas untuk melihat fasilitas-fasilitas umum di Jakarta secara langsung.(ikbal/tri)