Saturday, 22 September 2018

Pegang Uang Banyak, Kaget?

Jumat, 9 Maret 2018 — 5:25 WIB
uang

PERNAH pegang uang banyak? Ya, banyak dalam pengertian, tidak seperti biasanya? Puluhan juta, ratusan juta atau miliaran di tangan? Jika itu uang sendiri, pastinya senang banget ya. Tapi, jika itu bukan miliknya, mau apa? Ya, macam-macam pikiran orang. Bagi yang punya pikiran baik, ya akan menjaga sesuai amanah. Tapi, pikirannya jelek, ya pasti akan digelapkan, buat kepentingan sendiri. Dibawa kabur atau disembunyikan, gitu?

Ini kisah seorang pelayan restoran yang mengaku merasa kaget pegang uang puluhan juta rupiah. Dia seharusnya, sesuai perintah majikan, uang tersebut harus disetorkan ke bank. Tapi, malah dibawa lari, buat foya-foya?

Alasan dia, kaget pegang uang banyak. Ya, itu bisa juga hanya menutupi kejahatannya. Mengapa dia nekat membawa lari uang tersebut. Karena kalau dibilang banyak banget ya nggaklah, jika dibandingkan dengan yang mliiaran? Ya, hanya sekitar Rp28 juta?

Tapi, sudahlah, bagi dia uang tersebut sangat banyak, karena selama ini sebagai karyawan mungkin belum pernah pegang uang sebesar itu.

Nah, sebenanya sih kalau orang nggak mau berbuat kejahatan, seberapun uang yang dipegang, jika bukan miliknya, tak harus diselewengkan? Tapi itulah tadi bahwa dalam diri manusia hitam putih, ada yang jahat dan baik. Bisa saja, ketika dia pegang uang tersebut setan merasuk ke otaknya. “ Udah, ente kan nggak pernah punya uang sebanyak itu? Bawa lari aja deh. Beliin motor, terus foya-foya sama cewek?”

Ya, itu tadi ilustrasi bagi penjahat kelas teri. Karena ada juga atau banyaklah amanah yang diberikan pada orang gede atau pejabat, uang dana proyek yang jumlahnya ratusan miliar untuk membangun, tapi dijarah?

Apakah mereka bisa berkilah, kaget pegang uang miliaran kemudian menilep? Nggak usah berseloroh. Bagi mereka menguasai uang miliaran bukan kaget, tapi karena serakah! -massoes