Wednesday, 26 September 2018

Sidang Lanjutan Bom Jalan Thamrin, Hadirkan Saksi Zainal Anshori

Jumat, 9 Maret 2018 — 11:24 WIB
Zainal Anshori saat masuk ke ruang sidang.(cw3)

Zainal Anshori saat masuk ke ruang sidang.(cw3)

JAKARTA – Pengadilan Negeri Jakarta Selatan akhirnya melakukan sidang lanjutan kasus terorisme di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, dengan terdakwa Aman Abdurrahman pada Jumat (9/3/2018).

Setelah sebelumnya pada Selasa (6/3/2018) sidang ditunda setelah mendengar kesaksian satu orang saksi, Saiful Muhtorir alias Abu Gar.

Abu Gar diminta kesaksiannya terkait bom di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat 14 Januari 2016 lalu. Pemboman yang terjadi dicurigai ada ikut campur Oman Rochman alias Aman Abdurrahman alias Sulaiman bin Ade Darman sebagai dalang utama dari balik jeruji besi.

Hari ini sidang masih dengan agenda mendengarkan kesaksian saksi. Kali ini saksi yang dihadirkan adalah Zainal Anshori alias Abu Fahri yang datang mengenakan pakaian serba putih dan mengenakan peci berwarna hijau tua.

Zainal Anshori alias Abu Fahri adalah pemimpin Jamaah Anshorut Daulah (JAD). Dirinya dipilih langsung oleh Aman Abdurrahman sebagai pemimpin jarimgan teroris JAD.

Anshori merupakan dalang dari aksi penyerangan pos polisi di Tuban, Jawa Timur pada April 2017 lalu. Dan sudah dijatuhi hukuman penjara selama 7 tahun.

Hingga pukul 11.00 WIB, Zainal Anshori masih dimintai keterangannya untuk mengungkap keterlibatan Aman Abdurrahman. Sebab Abdurrahman dicurigai menjadi otak dari bom Thamrin 2016 lalu.

(cw3/sir)