Saturday, 20 October 2018

Anies : Jangan Hanya Sekolah di Luar Negeri, Tapi Juga Cari ‘Networking’

Sabtu, 10 Maret 2018 — 13:20 WIB
Gubernur DKI Jakarta di  Sarasehan Nasional Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Dunia 2018, pada Sabtu (10/3/2018) di Plaza Kemendikbud, Jakarta Pusat.(Cw1)

Gubernur DKI Jakarta di Sarasehan Nasional Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Dunia 2018, pada Sabtu (10/3/2018) di Plaza Kemendikbud, Jakarta Pusat.(Cw1)

JAKARTA – Pelajar yang akan melanjutkan pendidikan ke luar negeri tidak hanya sekadar belajar, tetapi juga aktif melakukan ‘networking’. Pesan ini disampaikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, di acara  Sarasehan Nasional Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Dunia 2018, pada Sabtu (10/3/2018) di Plaza Kemendikbud, Jakarta Pusat.

Anies mengatakan dari acara yang diselenggarakan PPI tersebut merupakan suatu kesempatan bagaimana pelajar untuk bisa belajar dan mendapatkan kesempatan melanjutkan pendidikan ke luar negeri.

“Tapi saya garisbawahi tadi, bahwa tidak selamanya harus dikerjakan di luar, sebagian bisa dikerjakan di Indonesia, dan bila anda dapat kesempatan belajar ke luar negeri maka jangan hanya kuliah tapi aktif utk melakukan networking.” ujarnya kepada wartawan.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut mengatakan ada beberapa hal lain yang harus dipelajari untuk bisa melanjutkan pendidikan ke luar negeri.

“Yaitu dengan menguasai bahasa internasionalnya dengan baik. Banyak-banyak menulis dan kuasai ilmu-ilmu yang terbaru, yang mungkin belum terlihat di Indonesia.” tambahnya lagi.

Untuk yang tidak melanjutkan pendidikan ke luar negeri, Anies menyampaikan bahwa itu tidak menjadi masalah dan bisa mendapatkan banyak ilmu di Jakarta.

“Di Jakarta adalah salah satu kota dengan kesempatan networking paling banyak. Konferensi-konferensi internasional itu luar biasa banyaknya. Seringkali kita tidak memanfaatkan itu. Datanglah, bangun jaringan, kuasai bahasa internasional. Ke depan memang kita membutuhkan lebih banyak lagi anak-anak muda yang menguasai bahasa internasional.” tandasnya.

Ia sampaikan juga, tujuannya hadir di acara ini ialah untuk berbagi pengalaman dari apa yang sudah pernah ia rasakan.

“Jadi kesempatan ini saya sampaikan dan saya ceritakan pengalaman-pengalaman pribadi ketika dulu saya mau belajar, kuliah, yang penting kalau ada kemauan, ada kerja keras, maka insya Allah kesempatan akan terbuka.” pungkasnya.(Cw1/tri)