Wednesday, 26 September 2018

Pemkot Bekasi Siap Laksanakan Sistem Ganjil-Genap di Tol Cikampek

Sabtu, 10 Maret 2018 — 19:04 WIB
gerbangtol-270x180

BEKASI – Pemerintah Kota Bekasi menyatakan siap menyambut pelaksanaan kebijakan ganjil-genap di Tol Cikampek mulai dari Tambun menuju Jakarta setiap pagi dari pukul 06.00 hingga pukul 09.00. Sebanyak 200 petugas disiapkan membantu mengatur arus lalintas di jalan alternatif jika terjadi kemacetan.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Yayan Yuliana menyebutkan mereka sudah mepersiapkan petugas di 5 jalur alternatif. Mereka berasal dari berbagai unsur terkait dalam koordinasi pelaksanaan kebijakan tersebut.

Jalan arteri adalah Jalan KH Noer Alie, Jalan I Gusti Ngurah Rai, Jalan Jendral Sudirman, Jalan Ir H Djuanda, dan Jalan Mayor Hasibuan.

Menurutnya potensi kemacetan di jalan utama di wilayahnya itu karena Kota Bekasi yang berbatasan dengan Jakarta. Jalan tersebut merupakan jalur penghubung DKI Jakarta.

Johan Budi Gunawan, Kabid Teknik Lalu-lintas Dishub Kota Bekasi menyebutkan unsur petugas yang ditempatkan di pintu tol dari unsur Dinas Perhubungan, Satpol PP, kepolisian, Jasa Marga dan petugas BPTJ (Badan Pengelola Transportasi Jabotabek).

“Pada l 12 Maret petugas akan mengarahkan kendaraan saat penerapan ganjil genap,” katanya.

Berdasarkan perhitungannya, akan ada sekitar 4000 kendaraan yang akan dialihkan karena penerapan kebijakan di 3 pintu tol pada jam 06.00 sampai jam 09.00.

Sebelumnya, kritikan tajam dilontarkan Wakil Ketua Komisi II DPRD Kota Bekasi, Ariyanto H, yang meminta kebijakan ganjil genap ditunda dulu. Pasalnya, kebijakan ini tidak berpihak kepada warga Kota Bekasi dan hanya berdampak pada kemacetan lebih parah di wilayah Kota Bekasi. (chotim/b)