Saturday, 22 September 2018

Rizal Ramli Ingin Nyapres Kok Belum Ada yang Merespon?

Senin, 12 Maret 2018 — 6:44 WIB
rizalramli

INGIN jadi Presiden, pengin jadi Wapres, itu merupakan hak anak semua bangsa dalam negara demokrasi. Maka ketika ekonom Rizal Ramli mendeklarasikan diri sebagai Capres 2019 sah-sah saja. Tapi ironisnya, sudah seminggu dia berdeklarasi, tak ada respon parpol dan pers. Rizal Ramli jadi seperti teriak sendirian di padang pasir.

Sebagai ekonom nama Rizal Ramli sangat dikenal. Dia pernah menjadi Menteri Keuangan di era Gus Dur dan di era Jokowi ditunjuk sebagai Menko Maritim. Tapi sayang dia tak pernah selesai dalam periode kabinet. Di era Gus Dur berhenti bareng presiden karena Gus Dur dilengserkan. Di era Jokowi dicopot karena jago kepret itu malah bikin gaduh kabinet.

Rizal Ramli jika mengritik orang tanpa basa-basi. Menteri-menterinya Jokowi dikritik, bahkan Wapres JK pun ditantang debat.

Meski tersingkir, Rizal Ramli tak pernah lelah untuk ikut memperbaiki republik ini. Begitu prihatinnya terhadap kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia yang stagnan pada angka 5 persen, dia pun ingin tangan untuk mengubah keadaan.

Di kediaman pribadinya di Jalan Bangka IX, Jakarta Selatan, Senin lalu (5/3), Rizal Ramli mendeklarasikan diri sebagai Capres periode 2019-2024. Dia berharap, dalam kepemimpinannya nanti pertumbuhan ekonominya mencapai 10 persen. ‚ÄúDengan kondisi tersebut maka akan banyak tersedia lapangan pekerjaan, upah meningkat, dan kemiskinan berkurang,” kata Rizal.

Sayangnya, niat bagus Rizal Ramli ini tak ada yang menanggapi. Ini sama persis ketika dia pengin Nyagub DKI tahun 2017 lalu. Yang memberi angin hanyalah PAN, lewat janji manis politisi Eko Patrio. Tapi nasibnya sama dengan Yusril, sama-sama tak direken publik dalam kancah Pilgub DKI.

Kini Rizal Ramli mengulang nasib. Belum ada parpol yang merespon pencapresannya, pers pun juga tak ada yang mengembangkan kisah Capres si jago kepret itu. Satu-satunya orang yang mendukung hanyalah Rachmawati Sukarno, politisi Gerindra. Sungguh ironis, orang seterkenal Rizal Ramli saat Nyapres belum ada yang merespon. -gunarso ts