Monday, 21 May 2018

379 Petugas Satpol PP Siaga Selama Asian Games

Selasa, 13 Maret 2018 — 18:54 WIB
Kasatpol PP DKI Jakarta Yani Wahyu (paling kiri) bersama jajarannya. (joko)

Kasatpol PP DKI Jakarta Yani Wahyu (paling kiri) bersama jajarannya. (joko)

JAKARTA – Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta Yani Wahyu Purwoko mengatakan siap berpartisipasi dalam pengamanan Asian Games 2018. Pada pesta olahraga yang digelar dari 18 Agustus sampai 2 September, ia menyebut tiap hari akan mengerahkan 379 personil di kawasan yang melekat dengan lokasi pesta olahraga tersebut.

“Berdasarkan kesepakatan dengan panitia Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (Inasgoc), kami mengerahkan 379 anggota yang khusus ditempatkan di kawasan venue olahraga dan wisma atlet,” ujar Yani di Balaikota DKI, Selasa (14/3/2018). “Itu belum termasuk antisipasi gangguan ketertiban umum di tempat lainnya,” tambahnya didampingi Sekretaris Satpol PP Kuswanto dan Kepala Bidang Operasional Satpol PP Budhy Novian.

Menurutnta, berdasarkan hasil rapat dengan deputi 4 Inasgoc, disepakati personil Satpol setiap harinya harus menurunkan 379 anggota selama berlangsungnya Asian Games. “Mereka nantinya dapat ditempatkan di sekitar kawasan pertandingan maupun di tempat penginapan atlet,” tambah Budhy. Namun demikian pihaknya tetap mempersiapkan cadangan personil apabila memang dibutuhkan.

Yani menambahkan anggota Satpol PP secara keseluruhan sebanyak 4.950 personil. “Dari jumlah bertugas aktif setiap saat 3.000 personil, jadi kalau dibutuhkan penambahan kita tetap siap,” tegasnya. Pelaksanaan Asian Games XVIII rencananya akan dibuka di Gelora Bung Karno tanggal 18 Agustus dan ditutup pada 2 September 2018 di Kota Palembang.

Diperkirakan ada 15.000 atlet dari 45 negara akan bertanding di berbagai cabang olahraga. (joko/yp)