Friday, 22 June 2018

Bikin Kantong Parkir Seenaknya, 2 Jukir Dicopot Seragamnya

Selasa, 13 Maret 2018 — 21:19 WIB
Juru parkir di kawasan Jatinegara Timur yang dicopot seragamnya. (Ifand)

Juru parkir di kawasan Jatinegara Timur yang dicopot seragamnya. (Ifand)

JAKARTA – Petugas Suku Dinas Perhubungan Jakarta Timur memberikan sanksi tegas kepada juru parkir (jukir) yang ada di Jalan Jatinegara Timur, Jatinegara, Selasa (13/3/2018). Seragam jukir langsung dicopot paksa karena mereka malah membuat kantong parkir ilegal yang menjadi penyebab kemacetan.

Kasi Pengawasan dan Pengendalian Suku Dinas Perhubungan Jakarta Timur, Slamet Dahlan, mengatakan tindakan tegas diambil karena aksi yang dilakukan jukir tersebut. “Jukir itu yang malah membuat kantong parkir liar di pinggir jalan, akibatnya kemacetan kerap terjadi di kawasan Jalan Jatinegara Timur,” katanya, Selasa (13/3/2018).

Menurut Dahlan, tindakan tegas berupa pencopotan seragam dilakukan terhadap dua jukir. Langkah itu diambil sebagai peringatan. Bila membandel, akan langsung ditindak hukum. “Pencopotan itu adalah sanksi terakhir atas ulahnya membuat parkir liar,” tegasnya.

Selain mencopot seragam juru parkir, kata Dahlan, ia juga menggelar operasi lintas jaya di kawasan tersebut. Hasilnya, 156 kendaraan ditindak pihaknya karena melakukan berbagai pelanggaran. “Operasi itu juga terus kami lakukan setiap harinya sampai para pengendara jera dan tak lagi melakukan pelanggaran,” ujar Dahlan.

Penindakan itu sendiri berupa tilang pada pengendara 95 kendaraan dan 26 sepeda motor yang dicabut pentilnya. Selanjutnya petugas Sudin perhubungan juga menderek 16 mobil karena parkir sembarangan. “Kami juga menyetop operasi 11 kendaraan lantaran surat-suratnya bermasalah,” papar Dahlan. (ifand/yp)