Saturday, 22 September 2018

Jaga Keamanan, Warga Kampung Patungan Bangun Pos Ronda

Selasa, 13 Maret 2018 — 22:24 WIB
Warga tengah bergotong royong membangun pos ronda. (sule)

Warga tengah bergotong royong membangun pos ronda. (sule)

SUKABUMI – Kesadaran warga Kampung Legoknyenang, Desa Cikujang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, dalam menjaga keamanan dan ketertiban umum (kamtibum) perlu dicontoh. Bagaimana tidak, tanpa sentuhan pihak manapun, mereka secara swadaya membangun pos ronda dan menyiapkan agenda ronda malam secara bergantian.

Ketua RW 23, Ali Ma’mun Iman (35) menjelaskan, penggalakan kembali ronda malam ini sebagai antisipasi menjaga lingkungannya. Terlebih, belakangan terakhir merebaknya isu penyerangan terhadap tokoh agama.

“Kami sengaja berinisiatif untuk menghidupkan kembali ronda malam untuk menjaga keamanan. Dalam musyawarah bersama warga, disepakati bangun pos ronda dan menggiatkan ronda malam,” kata Iman kepada poskotanews.com, Selasa (13/3/2018).

Dijelaskan Iman, di ke-RW-annya melingkupi tiga RT yakni 46, 47, dan 48 dengan jumlah penduduk mencapai tiga ribu orang lebih. Rencananya, di wilayahnya akan dibangun tiga pos ronda di tiap RT. Namun, dari hasil urunan warga saat ini baru bisa mewujudkan satu unit bangunan pos ronda.

pos ronda

“Kami akan bangun tiga pos ronda. Tapi baru satu, itupun dari bahan-bahan seadanya. Padahal kami butuhnya semi permanen agar kuat. Sebetulnya, selain bangunan pos ronda kami butuh alat lainnya seperti walkie talkie atau HT dan senter batu untuk berjaga malam,” akunya.

Dalam waktu dekat ini, sambung Iman, gagasan yang tengah berjalan ini akan disampaikan ke pihak desa. Dia berharap, Pemdes Cikujang bisa membantu kebutuhan warganya.

Mustakim (37), warga setempat menuturkan mendukung penggiatan kembali ronda malam tersebut. Dengan begitu, wilayah kampungnya akan terpantau dan mengantisipasi terjadinya kejahatan. “Kami warga sangat mendukung ronda malam ini. Semoga saja upaya kami ini dapat memberikan kenyamanan kepada warga lainnya, terutama malam hari,” terangnya. (sule/yp)