Wednesday, 21 November 2018

Malaysia Primadona TKI Asal Sukabumi

Selasa, 13 Maret 2018 — 8:33 WIB
ilustrasi

ilustrasi

SUKABUMI – Malaysia masih menjadi negara primadona tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat untuk mendulang rezeki. Dari total 188 warga yang berangkat sejak Januari hingga Februari 2018, sebanyak 66 orang di antaranya memilih Negeri Jiran tersebut.

Dari data Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) tercatat, setelah Malaysia negara tujuan selanjutnya yakni Taiwan sebanyak 47 orang, dan Singapura 43 orang. Sisanya tersebar ke Brunai Darussalam, Hongkong, dan Uni Emirat Arab.

Kemungkinan jumlah ini berjubel lantaran belum dikalkulasikan dengan jumlah “pahlawan devisa” yang berangkat pada Maret 2018 ini.

Kepala Seksi Penyediaan dan Penempatan Tenaga Kerja Dalam dan Luar Negeri, Tatang Arifin menyebutkan, total TKI pada tahun ini meningkat dibandingkan periode yang sama 2017 lalu. Tahun lalu, dalam rentang Januari-Februari berjumlah 98 orang.

“Kebanyakan para TKI ini bekerja di sektor informal. Dilihat dari tingkat pendidikan mayoritas berpendidikan sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP). Lulusan SD sebanyak 33 orang, SMP sebanyak 44 orang, dan SMA sebanyak 22 orang,” tandasnya.

(sule/sir)