Saturday, 26 May 2018

Menurut Anggota DPR Ini Sebetulnya ONH Turun

Selasa, 13 Maret 2018 — 22:00 WIB
Wakil Ketua Komisi VIII DPR Marwan Dasopang (rizal)

Wakil Ketua Komisi VIII DPR Marwan Dasopang (rizal)

JAKARTA – Wakil Ketua Komisi VIII DPR Marwan Dasopang menilai, bahwa biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) 2018 sebesar Rp 345.290 sebetulnya turun dari tahun lalu. Meski secara riil naik sebesar 0,99 persen.

“Jumlah makan jemaah di Makkah menjadi 40 kali . Ini kan meningkat dari tahun lalu yang hanya 25 kali dan di Madinah 18 kali serta Menyediakan tambahan snack pagi di Pemondokan Makkah,” katanya Dasopang, Selasa (13/2).

Dasopang mengatakan, turunnya BPIH lantaran adanya peningakatan pelayanan bagi jemaah.

“Kalau kita bandingan pelayanan tahun lalu dan ditamabah dengan pertamabahan nilai dollar terhadap rupaih sudah terbilang menurun,” bebernya.

Dasopang menegaskan, kondisi itulah yang bisa dilakukan Panja Komisi VIII DPR RI mengenai BPIH 2018. Dimana telah menyelesaikan pembahasan bersama Panja BPIH dengan Kementerian Agama RI setelah melalui pembahasan panjang sejak Januari lalu.

“Yang paling penting, jangan sampai sudah bertahun-tahun menabung, tapi ketika hendak melunasi tiba-tiba bertambah,” katanya.

Meski nilai tambahananya cuma sejuta, lanjutnya, namum bagi masyarakat bawah sejuta cukup besar. “Bagi kita sejuta itu sendikit, tapi mereka (jemaah-red) bisa gagal berangkat karena uang sejuta,” katanya. (rizal/b)