Tuesday, 13 November 2018

Ternyata, Gedung yang Didatangi Anies Sudah Tahu akan Disidak

Selasa, 13 Maret 2018 — 21:43 WIB
Gubernur DKI, Anies Baswedan saat meninjau instalasi olahan limbah di belakang Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta Pusat. (cw6)

Gubernur DKI, Anies Baswedan saat meninjau instalasi olahan limbah di belakang Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta Pusat. (cw6)

JAKARTA – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta baru saja melakukan inspeksi mendadak (sidak) terhadap gedung-gedung di Jakarta. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memimpin langsung Tim Pengawas Terpadu Sumur Resapan, Instalasi Pengolahan Limbah, dan Air Tanah sidak di Hotel Sari Pan Pacific, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (13/3/2018).

Ternyata dalam sidak tersebut pemilik gedung sudah mengetahui terlebih dahulu Pemprov DKI akan melakukan inspeksi. Bahkan pemilik gedung sudah mengetahui sejak beberapa hari lalu. Hal ini juga berlaku untuk pemilik gedung yang lain.

“Mereka sudah tahu sejak seminggu yang lalu. Sudah diberitahu, sudah diminta kirim data. Sudah tahu. Mereka tahu bahwa akan diinspeksi,” ujar Anies di Balaikota Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Selasa (13/3/2018).

Anies menambahkan tujuan inspeksi gedung di Jakarta adalah mengubah perilaku dalam pengelolaan air oleh pengelola gedung. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menyebut inspeksi sebagai penegakan peraturan yang sudah ada.

(Baca: Pantau Penyedotan Air Tanah, Anies Bentuk Tim Pengawas Terpadu Sumur Resapan)

“Pengaturan, itu tujuannya adalah mengubah perilaku di dalam mengelola air baik di dalam mendapatkan air, maupun dalam membuang air. Jadi tujuannya adalah bukan mencari siapa yang salah, bukan mencari jumlah yang melanggar, atau sekedar pendapatan. Tapi peraturannya juga ada,” terang Anies.

Diketahui Tim Pengawas Terpadu Sumur Resapan, Instalasi Pengolahan Limbah, dan Air Tanah akan melakukan sidak ke 80 gedung di Jakarta hingga 21 Maret 2018. Pemprov DKI masih akan memfokuskan melakukan inspeksi gedung-gedung sepanjang Jalan Sudirman – MH. Thamrin. (ikbal/yp)