Wednesday, 19 December 2018

12 Cawapres Jokowi, Satu Akan Diputuskan Megawati

Rabu, 14 Maret 2018 — 22:16 WIB
Presiden Joko Widodo (reuters)

Presiden Joko Widodo (reuters)

JAKARTA –Tak hanya soal calon presiden, calon wakil presiden dari PDI Perjuangan pun yang menentukan Ketua Umumnya Megawati. Bukan tim penjaringan cawapres karena ketua umum memiliki hak prerogatif untuk memutuskan capres dan wapres.

“Saya menduga cawapres akan diputuskan dengan hak prerogatif ketua umum. Karena ini sesuai dengan ketentuan yang ada di AD/ART,” kata Wakil Sekjen PDI Perejuangan Ahmad Basarah, Rabu (14/3).

Menurut Basarah, partainya telah menyiapkan beberapa kriteria bagi calon pendamping Jokowi. Kriteria itu telah diputuskan dalam Rakernas lalu. “Cawapres Jokowi harus nasionalis, ideologi nasionalismenya harus clear dulu,” ujarnya.

Selaion nasionalis juga harus religius, karena nasionalisme Indonesia adalah Pancasila yang sila pertama adalah ketuhanan. Cawapres Jokowi juga harus memiliki visi untuk membangun negara sesuai amanat alinea keempat UUD 1945. Kemudian, PDIP menginginkan cawapres Jokowi mampu mencerdaskan dan mensejahterakan rakyat Indonesia.

Ditambahkan, PDIP juga mencari sosok cawapres yang mampu mendongkrak elektabilitas Jokowi dan punya kecocokan. Selain itu juga figur yang bisa menambah elektabilitas capres. “PDIP sudah melakukan survei untuk mencari sosok cawapres yang tepat untuk Jokowi. Hasilnya, terdapat 12 lebih sosok yang akan masuk penjaringan,” katanya tanpa mau menyebutkan nama-namanya.(us)