Thursday, 21 June 2018

Dari Dua Oknum Pegawai BPN Bekasi Disita Rp 20 Juta

Rabu, 14 Maret 2018 — 23:19 WIB
Suasana depan parkir  Kantor BPN Kabupaten Bekasi saat Team saber pungli Polrestro Bekasi mengamankan para oknum (lina)

Suasana depan parkir Kantor BPN Kabupaten Bekasi saat Team saber pungli Polrestro Bekasi mengamankan para oknum (lina)

BEKASI -Oknum pegawai BPN Kabupaten Bekasi yang terjaring operasi tangkap tangan (OTT) ada dua orang yaitu berinisial I dan B berstatus sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN).

OTT ini dilakukan Selasa (13/3) pukul 15.00 WIB, di Kantor BPN Kabupaten Bekasi. Mereka digelandang Tim Saber Pungli ke Polres Metro Bekasi.

Petugas juga mengamankan barang bukti berupa uang sebesar Rp20 juta. Di mana Rp10 juta didapat saat OTT di lokasi kejadian, dan sisanya hasil pengembangan. Diduga uang tersebut merupakan hasil pungli pembuatan sertifikat.

Kasat Reskrim Polres Metro Bekasi, AKBP Rizal Marito, mengatakan dua oknum pegawai BPN tersebut belum bisa ditetapkan sebagai tersangka. Karena saat ini pihaknya masih melakukan gelar perkara.

“Dari hasil gelar perkara nanti mungkin sudah bisa ditetapkan sebagai tersangka. Tergantung dari alat bukti yang kita dapatkan. Tapi apakah akan ada tersangka-tersangka lainnya setelah itu, tergantung dari bukti-bukti yang didapatkan penyidik melalui proses penyidikan,” ujarnya malam Rabu (14/3).
Rizal mengatakan, alat bukti yang dibutuhkan berupa keterangan saksi, keterangan ahli, surat atau dokumen dan petunjuk.

“Untuk keterangan ahli, belum. Nanti kita lihat berdasarkan keterangan dan alat bukti tadi siapa yang sudah bisa kita tetapkan sebagai tersangka. Dua orang yang diamankan berstatus pegawai negeri sipil.

Polisi menjerat oknum tersebut dikenakan pasal 368 KUHP tentang Pemerasan dengan ancaman penjara 9 tahun, serta pasal pendukung yaitu dijerat pasal 12 huruf (e) Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001.(lina/b)