Saturday, 22 September 2018

Dramatis Menang 1-0 Roma Singkirkan Shakhtar Donetsk

Rabu, 14 Maret 2018 — 5:29 WIB
Edin Dzeko pahlawan Roma saat kalahkan Shakhtar (reuters)

Edin Dzeko pahlawan Roma saat kalahkan Shakhtar (reuters)

ITALIA– AS Roma mampu menyingkirkan Shakhtar Donetsk dari babak 16 Liga Champions berkat gol Edin Dzeko dalam laga leg kedua di Stadion Olimpico, Rabu (14/3/2018) dinihari WIB.

Meski hanya menang 1-0 dan akhirnya secara agregat kedudukan 2-2 namun Roma yang berhak maju ke babak perempat final.

Seperti diketahui pada leg pertama Shakhtar di kandangnya mampu menekuk Roma 2-1, Kamis (22/2/2018) lalu.

Sesuai peraturan yang ada karena Roma berhasil mencetak gol di markas Shakhtar maka wakil dari Italia itu yang berhak ke perempat final.

Pada laga ini sebetulnya meski hanya sebagai tim tamu Shakhtar Donetsk sejak menit awal justru menguasai laga. Wakil dari Ukraina ini sebetulnya hanya bermain imbang 0-0 mereka sudah lolos, namun rupanya mereka tidak mau melakukan itu. Data yang ada Shakhtar mengusai bola hingga 63 persen.

Shakhtar tetap menyerang pertahanan Roma. Seperti pada menit ke-11 misalnya, Taras Stepanenko nyaris membawa unggul Shakhtar lewat sundulannya usai menerima umpan dari tendangan sudut yang dilakukan Bernard. Sayang bola meleset sedikit di atar mistar gawang.

Roma juga mengancam tim tamu pada menit ke-34 lewat sepakan Radja Nainggolan lewat kaki kanan dari luar kotak penalti usai menerima assist dari Aleksandar Kolarov sayang sepakan pemain asal Belgia itu masih bisa diblok kiper lawan.Babak pertama berakhir 0-0.

Memasuki babak kedua, AS Roma behasil mencuri gol pada menit ke-52. Berawal ketika Kevin Strootman melepaskan umpan terobosan kepada Edin Dzeko yang kemudian dengan tembakan kaki kanannya mampu merobek gawang Shakhtar.

Gol itu memacu semangat AS Roma untuk mencetak gol berikutnya. Pada menit ke-62 Edin Dzeko nyaris mencatatkan namanya kali kedua di papan skor . Sayang tembakan dengan kaki kanan dari luar kotak penalti usai menerima umpan dari Radja Nainggolan melebar tipis dari gawang.

Menit ke-73, Roma kembali mendapat peluang lewat Gerson yang menendang bola lewat kaki kiri usai menerima assist oleh Aleksandar Kolarov sayang bola bisa diblok kiper lawan.
Sejak menit ke-79, Shakhtar Donetsk harus bermain 10 orang karena Ivan Ordets dihukum kartu merah oleh wasit karena dengan kasar melanggar Edin Dzeko.
Tentu itu merugikan tim tamu sehingga Roma semakin menikmati laga. Sedangkan usaha Shakhtar untuk menyamakan kedudukan terus dilakukan hingga penambahan waktu lima menit yang diberikan wasit. Sayang segala usaha mereka sia-sia dan wakil Ukraina itu tersingkir menyakitkan.

Betapa tidak unggul di leg pertama, menguasai pertandingan di leg kedua namun harus angkat koper. Itulah drama sepak bola. (b)