Monday, 10 December 2018

Hadapi Chelsea, Valverde Ingatkan Barcelona Bermain Sabar

Rabu, 14 Maret 2018 — 7:17 WIB
Ernesto Valverde pelatih Barcelona (reuters)

Ernesto Valverde pelatih Barcelona (reuters)

SPANYOL– Setelah dipaksa bermain imbang 1-1 pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions, Barcelona mendapat keuntungan dengan status sebagai tuan rumah saat menjamu Chelsea pada leg kedua di Camp Nou, Kamis (15/3) diniihari WIB. Hal itu tentunya ingin dimaksimalkan skuad asuhan Ernesto Valverde untuk melaju ke fase selanjutnya.

Barcelona sendiri memiliki sedikit keunggulan jelang leg kedua nanti. Selain sebagai tuan rumah, tim asal Catalan itu juga memiliki koleksi satu gol tandang, sehingga mereka hanya perlu menahan imbang Chelsea tanpa gol untuk lolos ke perempatfinal.

Namun Valverde percaya Chelsea bukanlah lawan yang mudah untuk ditaklukkan. Untuk itu ia meminta Lionel Messi dan kolega harus bisa mencetak gol cepat untuk membuat langkah Chelsea ke fase selanjutnya, semakin berat.

“Kami harus bersabar untuk bisa mengalahkan Chelsea. Tapi mencetak gol di awal laga, akan sangat penting bagi kami. Saya rasa itu (mencetak gol lebih cepat), akan membuat Chelsea semakin tertekan di hadapan pendukung kami. Ini adalah rumah kami dan para pendukung berada di belakang kami. kami harus bisa melakukan apa yang seharusnya kami lakukan untuk membuat para fans gembira,” kata Valverde jelang menghadapi Chelsea dinihari nanti, seperti dikutip El Mundo Deportivo.

TERUSKAN REKOR

Bermodalkan rekor tak terkalahkan di pentas La Liga Spanyol usai menekuk Malaga 2-0, akhir pekan kemarin, Barcelona tentu berambisi meneruskan rekor yang sama di Liga Champions. Namun untuk bisa menghindari kekalahan dari Chelsea, skuad Valverde juga dituntut tampil lebih fokus. Apalagi Chelsea datang dengan modal positif usai mengalahkan Crystal Palace 2-1 di Liga Primer, akhir pekan kemarin.

Pelatih Chelsea, Antonio Conte bahkan mengaku sudah menyiapkan formula untuk melawan Barcelona pada laga nanti.

“Ketika Anda bermain melawan tim seperti Barcelona, salah satu tim terbaik di dunia, Anda harus siap untuk menderita, merasakan tekanan yang sangat besar. Tidak akan mudah bermain di Camp Nou dalam posisi seperti ini, meski kami harus mencoba menemukan formula terbaik untuk menghadapi pertandingan ini. Jangan lupa, Anda bicara soal sebuah tim dengan banyak pemain yang luar biasa dan berpengalaman,” kata Conte jelang lawatan Chelsea ke Camp Nou, seperti dilansir Daily Mirror. (junius/bu)