Sunday, 23 September 2018

Kadis Perumahan DKI Belum Bisa Jawab Besarnya Bunga Cicilan DP Rumah 0 Rupiah

Rabu, 14 Maret 2018 — 16:04 WIB
Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Permukiman DKI Jakarta Agustino Darmawan.(ikbal)

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Permukiman DKI Jakarta Agustino Darmawan.(ikbal)

JAKARTA – Dinas Perumahan Rakyat dan Permukiman DKI Jakarta belum mengetahui siapa yang akan menanggung bunga cicilan jika bunga yang ditetapkan bank mitra program rumah DP 0 rupiah melebihi 5 persen pertahun. Diketahui dalam program rumah DP 0 rupiah Pemprov DKI Jakarta menggunakan skema Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) dengan bunga KPR 5 persen.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Permukiman DKI Jakarta Agustino Darmawan mengatakan pihaknya masih terus menggodok  konsep hunian murah tersebut melalui pembentukan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) yang ditargetkan pada April mendatang.

“Itu belum bisa saya jawab yaa, yang jelas kebijakan FLPP itu 5 persen. Kalau siapa yang menanggung itu yah kalau selama ini kita belum masuk ke situ ini masih digodok kebijakannya itu,” katanya di Balaikota Jakarta, Jalan Medan Medan Merdeka Selatan, Rabu (14/3/2018).

Agustino menambahkan ketentuan besaran uang muka yang ditalangi Pemprov DKI Jakarta juga belum ditetapkan.  Agustino menyebut uang muka dalam program tersebut didapatkan melalui Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) atau APBD DKI.

Agustino menyebut pembayaran pinjaman uang muka akan dibayarkan warga melalui cicilan yang dibayarkan setiap bulan.

“Tapi kalau untuk pemerintah DKI saya belum buat saya belum menyatakan sekarang ini. Nanti lah kita lagi godok.  Yang namanya  DP itu dukungan dana, dukungan dana itu artinya dipinjamankan, terus terang harus dikembalikan dalam program cicilannya itu,” terang Austino. (ikbal/tri)