Monday, 10 December 2018

Melanggar IMB, Bangunan Mewah di Tebet Dibongkar

Rabu, 14 Maret 2018 — 8:10 WIB
Rumah mewah di Tebet yang melanggar diambil tindakan tegas oleh Satpol PP. (wandi)

Rumah mewah di Tebet yang melanggar diambil tindakan tegas oleh Satpol PP. (wandi)

JAKARTA – Rumah mewah di Tebet Barat Dalam No. 23 RT 07/RW 03, Kelurahan Tebet Barat, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan dibongkar petugas. Tindakan tegas ini dilakukan karena bangunan tersebut melanggar Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Kepala Satpol PP Jakarta Selatan, Ujang Harmawan mengungkapkan, tindakan pembongkaran bangunan tersebut dilakukan lantaran melanggar batas jarak bangunan belakang. Dalam pembongkaran bangunan yang tidak sesuai dengan IMB berjalan lancar.

“Sebelum kami ambil tindakan tegas Pemkot Jaksel melalui Suku Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan (Sudin Citata) Jakarta Selatan, melayangkan surat pemberitahuan SP I, II dan III, serta memberikan Surat Perintah Bongkar (SPB) kepada pemilik bangunan. Namun karena pemilik tak mengindakan pihaknya langsung mengambil tindakan tegas,”terang Ujang Hermawan.

Kasat Pol juga menambahkan, pihaknya melakukan penertiban bangunan ini secara persuasive. Selain itu juga mengedepankan pendekatan kepada pemilik bangunan. “Ini perdana di tahun 2018, dan akan kita gelar kegiatan sepanjang tahun 2018. Kali ini hanya satu bangunan di Kecamatan Tebet,” ungkapnya.

Asisten Kesejahteraan Rakyat (Askesra) Jakarta Selatan H. Mamur, menambahkan, tindakan tegas terhadap pemilik bangunan ini dilakukan tujuannya untuk member efek jera bagi para pemilik bangunan agar tidak melanggar ijin. Diharapkan dengan cara seperti kedepan diharapkan tidak ada lagi pelaku langgaran bangunan lagi.

“Tindakan tegas ini merupakan shock terapi bagi para pemilik bangunan agar dalam membangun jangan melanggar. Jika tetap melanggar kami tidak segan-segan untuk mengambil tindakan tegas membongkarnya,”tegas Mamur.

(wandi/sir)