Tuesday, 11 December 2018

Pipa Gas Bocor Lagi, Proyek LRT Dihentikan Sementara

Rabu, 14 Maret 2018 — 23:30 WIB
Petugas  saat memasang garis polisi pada proyek pembangunan LRT. (Ifand)

Petugas saat memasang garis polisi pada proyek pembangunan LRT. (Ifand)

JAKARTA – Dua kali pengerjaan proyek Light Rail Transit (LRT), menghantam pipa gas dan membuatnya bocor akhirnya polisi menghentikan proyek tersebut. Garis polisi langsung dipasang petugas di sekitar lokasi pipa gas milik perusahaan gas negara (PGN) menyebur.

Pantauan di lokasi, anggota Reskrim Polres Jakarta Timur dengan dipasangnya police line akhirnya tiga alat berat yang ada tak boleh melakukan aktivitas sedikit pun.

Kasat Reskrim Polres Jakarta Timur AKBP Sapta Maulana mengatakan, langkah yang diambil pihaknya untuk melakukan penyelidikan mendalam atas bocornya pipa yang sudah dua kali terjadi. “Kami tutup dulu sementara waktu hingga proses penyelidikan,” katanya, di lokasi bocornya pipa gas, Rabu (14/3) malam.

Sapta menyebut, dengan dipasangnya garis polisi, pengerjaan pembangunan proyek LRT pada titik itu dihentikan sementara. Setelah pemeriksaan rampung, pihaknya baru akan mencabut garis polisi. “Setelah itu, barulah pengerjaan bisa kembali dilakukan,” ujarnya.

Akibat kembali bocornya pipa gas, PGN menghentikan aliran gas di pipa yang bocor di depan BNN. Proses penanganan pipa yang bocor akan dilakukan terlebih dahulu. “Setelah yang bocor itu kita hentikan, langkah selanjutnya kita lakukan pemeriksaan penyebab dari kebocoran,” kata Sekretaris Perusahaan PGN Rahmat Hutama.

Kembali bocornya pipa gas itu sendiri, Rahmat menduga akibat aktivitas backhoe. Namun, dia perlu memastikan lebih lanjut setelah lokasi itu digali untuk pengecekan pipa. “Dugaan sementara dari aktivitas backhoe. Karena ada backhoe yang gali-gali tanah dan mengakibatkan pipa itu bocor,” tambah Rahmat.

Rahmat juga menyebut, titik pipa yang bocor kemungkinan berbeda dari kebocoran yang terjadi pada Senin (12/3) kemarin. Terlebih, sambungan pipa yang sebelumnya itu sudah selesai pagi tadi. “Baru tadi pagi PGN bisa melayani konsumen, hari ini bocor lagi,” pungkasnya.

Terkait hal tersebut, dari pihak PT Adhi Karya belum bisa dimintai keterangan . Di lokasi,pekerja dari PT Adhi Karya saling lempar melempar ketika dimintai keterangan oleh wartawan. (Ifand/b)