Tuesday, 11 December 2018

Pergub Sudah Keluar

Sandi: Cuti Sebulan PNS Pria Dampingi Istri Melahirkan

Rabu, 14 Maret 2018 — 11:33 WIB
Wagub DKI, Sandi Uno

Wagub DKI, Sandi Uno

JAKARTA – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan memberikan cuti terhadap pegawai negeri sipil (PNS) pria untuk mendampingi istrinya saat melahirkan.

Pemberian cuti tersebut diberikan menindaklanjuti instruksi pemerintah pusat melalui Peraturan Kepala (Perka) Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nomor 24 Tahun 2017 tentang Tata Cara Pemberian Cuti Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Dalam Perka BKN Nomor 24 Tahun 2017 poin IIE Nomor 3 disebutkan, PNS laki-laki yang istrinya melahirkan/operasi sesar dapat diberikan cuti karena alasan penting dengan melampirkan surat keterangan rawat inap dari Unit Pelayanan Kesehatan.

“Jadi kita sampaikan untuk PNS yang menemani istrinya melahirkan kita beri fasilitas cuti untuk menemani istri. Semoga terbentuk kerjasama dengan istri pada masa masa pertama masa masa keemasan dari kelahiran anak pertama, kedua, ketiga,” katanya di Balaikota Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Rabu (14/3/2018).

Sandi menjelaskan cuti akan diberikan selama satu bulan dengan rincian satu minggu sebelum istri PNS melahirkan dan tida minggu pasca kelahiran. Politisi Partai Demokrat itu mengaku sebelumnya sudah menjanjikan program cuti tersebut sebelumnya. Sandi menyebut peraturan gubernur (pergub) pun sudah diterbitkan.

“Kebetulan sekarang cantolan dari pemerintah pusatnya sudah terbit. Jadi kita sudah keluarkan pergubnya,” tandas Sandi.

(ikbal/sir)