Sunday, 15 September 2019

Warga Baru Jakarta Tidak Dapat Menikmati Program Rumah DP 0 Rupiah

Rabu, 14 Maret 2018 — 15:18 WIB
Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Permukiman DKI Jakarta Agustino Darmawan.(ikbal)

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Permukiman DKI Jakarta Agustino Darmawan.(ikbal)

JAKARTA – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah meluncurkan program rumah DP 0 rupiah di Pondok Kelapa, Jakarta Timur. Namum warga DKI Jakarta yang masih baru tidak dapat menikmati program hunian tersebut.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Permukiman DKI Jakarta Agustino Darmawan mengatakan warga yang membuat KTP DKI di atas tahun 2013 tidak diperbolehkan membeli rumah DP 0 rupiah.

“Syaratnya fotocopy KTP DKI Jakarta yang dikeluarkan tahun 2013 atau sebelumnya,” katanya di Bakaikota Jakarta, Jalan Medan Medan Merdeka Selatan, Rabu (14/3/2018).

Selain syarat itu, Agustino menambahkan syarat yang lain adalah warga harus menyertakan surat keterangan bekerja atau usaha minimal selama satu tahun.

Agustino menyatakan konsep rumah DP 0 rupiah masih dalam taraf draf atau perencanaan untuk dituangkan dalam peraturan gubernur.

Sementara itu Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) baru akan dibentuk April 2018. Salah satu tugas BLUD nantinya adalah melayani pembelian dan penjualan kembali.

“Pembelian akan dilakukan setelah pembangunan sudah jadi. Seperti yang di Kelapa Village itu kan sedang dilaksanakan pembangunannya. Saya bilang bangunannya aja belum berdiri, bangunannya belum tegak. Apa yang mau di cicil? Apa yang mau di mohon, mau dilakukan warga kan belum tau,” pungkas Agustino. (ikbal/tri)