Thursday, 26 April 2018

Kapushidrosal Kunker ke Gubernur DKI

Jumat, 16 Maret 2018 — 10:04 WIB
Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Dr. Harjo Susmoro memperlihatkan peta Teluk Jakarta kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Bawedan.

Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Dr. Harjo Susmoro memperlihatkan peta Teluk Jakarta kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Bawedan.

JAKARTA – Kepala Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Kapushidrosal) Laksamana Muda TNI Dr. Harjo Susmoro mengadakan kunjungan kerja ke Gubernur DKI Anies Baswedan di Kantor Gubernur DKI Jakarta Jl. Medan Merdeka Selatan No. 8-9 Jakarta Pusat,

Pada kunjungan ini Kapushidrosal didampingi Dirpotmar Kolonel Laut (P) Suhendro, Dirlog Kolonel Laut (T) Aji Nurmanihadi, Dansatsurvei Kolonel Laut (P) Dwi Jantarto, serta Kadisosemet Letkol Laut (KH) Kamija.

Sementara pada kesempatan tersebut Gubernur DKI didampingi Kepala Bappeda Tuty Kusumawati, Kadin KPKP Darjamuni, Kabiro Perekonomian Sri Hartati, serta Kasudin KPKP Jakarta Utara Rita Nirmala.

Kunjungan ini dimaksudkan sebagai ajang silaturahmi antara Pushidrosal dan Pemda DKI, serta meningkatkan kerja sama antara kedua institusi yang selama ini telah terjalin dengan baik.

Pada kesempatan tersebut Kapushidrosal menjelaskan tentang tugas dan fungsi Pushidrosal sebagai penyedia data dan informasi hidro-oseanografi berupa Peta Laut Indonesia (PLI), baik peta kertas maupun elektronik (Electronic Navigational Chart/ENC) dan publikasi nautika untuk menjamin keselamatan pelayaran. Hal ini sejalan dengan motto dan visi Pushidrosal bahwa Hidrografi bukan hanya sekedar peta laut, melainkan kunci pintu gerbang perekonomian dan ujung tombak pertahanan laut suatu negara.

Orang nomor satu di jajaran Pushidrosal tersebut memaparkan tentang kerjasama yang telah terjalin selama ini, berkaitan dengan penelitian penurunan air muka tanah dan Rob yang sering menerpa Jakarta, serta perlunya penggunaan Peta Laut Indonesia dalam penataan kawasan pantai dan Teluk Jakarta, sebab peta tersebut menggambarkan rona laut, dan berbagai objek vital nasional ditempatkan, mulai dari rig migas, pipa migas, kabel komunikasi dan kabel listrik.

Dengan dilibatkannya Pushidrosal, membawa kesadaran bagi seluruh pemangku kepentingan akan pentingnya penataan kawasan pesisir dan perairan dengan menggunakan Peta Laut Indonesia, mengingat pada peta tersebut memuat 25 lapis/jenis informasi, yang dalam setiap minggu dilaksanakan pemutakhiran.

Di akhir kunjungan, Kapushidrosal menyerahkan 11 nomor peta kepada Gubernur DKI, di antaranya peta Teluk Jakarta, peta Kepulauan Seribu 409 KK sampai dengan 417 KK, peta NKRI, serta buku Rob. (rilis/sir)