Thursday, 24 May 2018

Piala Dunia 2018 di Rusia Gunakan Teknologi VAR

Sabtu, 17 Maret 2018 — 9:48 WIB
Video Assistant Referees.(reuters)

Video Assistant Referees.(reuters)

KOLOMBIA – Teknologi VAR (Video Assistant Referees) secara resmi akan digunakan pada gelaran Piala Dunia 2018 di Rusia.

Keputusan tersebut secara langsung disampaikan oleh Presiden FIFA, Gianni Infantino usai melakukan pertemuan dengan Dewan FIFA, pada Jumat (16/3/2018) di Kolombia.

“Kami akan mengadakan Piala Dunia pertama, pada 2018, di mana wasit akan dibantu dengan video asisten wasit (VAR). Ini sudah diadopsi dan disetujui. Kami sangat senang dengan keputusan tersebut,” kata Gianni Infantino dilansir Sky Sports.

Presiden FIFA tersebut mengatakan bahwa keputusan ini diambil karena VAR sudah diuji coba di banyak pertandingan, contohnya liga-liga di eropa seperti Liga Inggris, Jerman, dan Italia.

“Keputusan ini berdasarkan uji coba yang telah dilakukan pada lebih dari seribu pertandingan dalam dua tahun terakhir yang memberi kita fakta nyata bahwa VAR benar-benar membantu wasit,” ujarnya.

Sebelumnya, Presiden UEFA, Aleksander Ceferin mengatakan kalau VAR tidak akan digunakan di Liga Champions Eropa musim depan.

“Tidak ada yang tau persis bagaimana VAR bekerja. VAR sudah banyak membuat kontroversi. Walaupun begitu, saya sama sekali tidak menentangnya, tapi kita akan lihat di Piala Dunia 2018.” ujarnya. (Cw1/tri)