Thursday, 18 October 2018

Petugas Robohkan 43 Kandang, Amankan 198 Unggas

Minggu, 18 Maret 2018 — 23:59 WIB
Petugas PPSU membongkar kandang unggas di RW 01 Kelurahan Jelambar Baru, Jakbar. (rachmi)

Petugas PPSU membongkar kandang unggas di RW 01 Kelurahan Jelambar Baru, Jakbar. (rachmi)

JAKARTA – Petugas PPSU dan Suku Dinas Kelautan Pertanian dan Ketahanan Pangan (KPKP) Jakarta Barat membongkar puluhan kandang unggas warga di RW 01 Kelurahan Jelambar Baru, Grogol Petamburan.

“Kami sering lapor ke petugas agar melakukan sweeping di sini. Tapi untunglah sekarang petugas sudah membongkarnya (kandang unggas milik warga,” kata Karim Mulyana, warga RW 01 Jelambar Baru.

Kepala Sudis KPKP Jakarta Brat, Marsawitri Gumay, mengatakan sweeping unggas di pemukiman warga difokuskan di RT 02, 05 dan 07 RW 01, Kelurahan Jelambar Baru.

“Kami merespon keluhan warga yang khawatir terjangkit flu burung, mengingat di kawasan ini banyak warga yang memelihara burung merpati dan ayam,” ujar Marsawitri.

Saat sweeping, petugas mengamankan 198 ekor ayam dan burung merpati. Selanjutnya unggas tersebut tidak boleh lagi dipelihara di lokasi tersebut. Sebagian warga memilih untuk menjual unggasnya dan sisanya untuk dikonsumsi sendiri.

Disaksikan pemilik, petugas PPSU dibantu Satpol PP merubuhkan 43 kandang unggas. “Meski sudah disweeping, secara berkala petugas akan mengecek kondisi di RW 01 Jelambar Baru,” ungkapnya. (rachmi/yp)