Sunday, 23 September 2018

Pulau Sampah Muara Angke Mulai Terkikis

Rabu, 21 Maret 2018 — 23:11 WIB
sampah

JAKARTA – Pulau Sampah Muara Angke perlahan terkikis, permukaan air laut yang masih berwarna gelap mulai terlihat. Memasuki hari ke-5, Kamis (21/3/2018), pengerukan, sampah yang terangkut mencapai 100 ton.

Sebanyak 120 personil gabungan Suku Dinas Lingkungan Hidup (Sudin LH) Kep. Seribu, Sudin LH Jakarta Utara, PPSU dan UPK Badan Air. Selain itu juga TNI dari Kodam Jaya bahu-membahu membersihkan sampah yang tebalnya mencapai 2 meter hingga permukaannya bisa dipijak.

Setidaknya dua alat berat milik UPK Badan Air dilibatkan. Demikian juga 2 unit truk Dinas LH DKI Jakarta, 2 truk Kodam Jaya, dan 4 kapal jenis fiber milik Sudin LH Kep. Seribu. Petugas PPSU bekerja dari pukul 08.00 hingga 16.00 dengan istirahat 1 jam.

Kepala Sudin LH Kep. Seribu, Yusen Hardiman, mengatakan bahwa sampah yang diangkut sudah bercampur dengan lumpur sehingga menambah beban. Sampah yang diangkut dengan truk akan dibawa ke Tempat Pembuagan Sampah Terakhir (TPST) Bantar Gebang.

Sebelumnya, Dinas LH DKI Jakarta menargetkan pembersihan selama seminggu atau hingga Sabtu mendatang. “Tergantung cuaca, karena beberapa kali hujan turun dan ombaknya cukup besar,” lanjut Yusen. (cw5/us)