Saturday, 26 May 2018

Pedagang Pasar Cijantung Ikut Program Jaminan Sosial

Jumat, 23 Maret 2018 — 7:29 WIB
Sosialisasi pelayanan BPJS ketenagakerjaan yang dilakukan di Pasar Cijantung. (ifand)

Sosialisasi pelayanan BPJS ketenagakerjaan yang dilakukan di Pasar Cijantung. (ifand)

JAKARTA – Beri perlindungan jaminan sosial bagi para pedagang, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Ceger mengajak pedagang di Pasar Cijantung, Pasar Rebo, Jakarta Timur, ikut serta. Hari pertama dibuka, Kamis (22/3), ratusan peserta baru langsung menyerbu.

Kepala BPJS ketenagakerjaan cabang Ceger, Dani Santoso mengatakan, langkah yang dilakukan pihaknya sebagai upaya melindungi para pedagang. Pasalnya, dari grebek akuisisi yang dilakukan, pihaknya ingin menyasar sektor Penerima Upah (PU) dalam hal ini para Pemilik Toko.

“Kegiatan ini kami sebut wisata akuisisi, karena para pedagang mendapatkan sosialisasi dan edukasi mengenai manfaat menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, yang selama ini sedikit terabaikan,” katanya.

Dengan sosialisasi yang disampaikan petugas dengan sangat rinci, kata Dani, membuat antusias para pedagang sangat tinggi. Sehingga hasil positif didapat dimana ratusan pedagang langsung mendaftarkan keikutsertaan. “Selama ini juga mereka (pedagang) baru tahu manfaatnya, makanya mereka langsung mendaftar,” ungkap Dani.

Di tahap awal, sambung Dani, pedagang yang ikut serta langsung membayar premi pertama sebesar Rp20 ribu. Dari pendaftaran itu, pedagang sekaligus mendapatkan kartu peserta. “Program ini dalam rangka perluasan kepersetaan dalam melindungi pekerja yang bekerja di lingkungan pasar,” imbuhnya.

SERIBU PEDAGANG
Sementara itu, Kepala Bidang Pemasaran, Ahmad Satria Kautsar menambahkan, di pasar Cijantung sendiri, ada lebih dari 500 kios dengan potensi kepesertaan mencapai 1000 orang. “Kami terus dorong supaya mereka bisa bergabung, apalagi selama ini belum ada yang paham akan manfaat BPJS ketenagakerjaan,” kata Kautsar.

Dari hasil yang didapat itu, kata Kautsar, ke depan pihaknya akan terus menjalankan kegiatan jemput bola semacam ini. Selain Cijantung, BPJS Ketenagakerjaan cabang Ceger, juga akan melakukan kegiatan serupa di pasar-pasar lainnya. “Bukan cuma pasar, kami juga akan sasar lokasi tempat usaha yang masuk dalam cakupan wilayah kerja kami,” imbuhnya.

BARU PAHAM
Fajar, pemilik Toko Shafiyah Collection di pasar itu menyatakan, langsung bergabung karena tertarik dengan manfaat yang didapatkan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.
Selain dirinya, ia juga sekaligus mendaftarkan karyawannya bernama Yanti menjadi peserta.

“Program jaminan sosial ini manfaatnya besar sekali. Saya sebelumnya tidak tahu kalau pedagang seperti kami bisa bergabung. Saya langsung daftar saat petugas BPJS Ketenagakerjaan melakukan sosialisasi di pasar Cijantung,” pungkasnya.

(ifand/sir)