Wednesday, 19 September 2018

Ini Dia Bus Jaman Old yang Pernah Mondar-mandir di Jalan Raya

Sabtu, 24 Maret 2018 — 22:25 WIB
busold

JAKARTA – Berbagai koleksi bus klasik yang dihadirkan di acara INCUBUS (Indonesia Classic & Unique Bus) menyedot perhatian masyarakat. Di hari terakhir acara ini diselenggarakan, Sabtu (24/3/2018) terlihat masih banyak masyarakat yang antusias melihat rupa dari bus-bus jaman old ini.

Salah satunya adalah Gilang. Ia mengaku mendapat informasi acara ini dari temannya. Sore tadi pun ia langsung berangkat ke JiExpo Kemayoran, Jakarta Pusat untuk melihat pameran tersebut.

busold1

“Tau dari teman dan ke sini memang sama teman-teman juga,” ujar Gilang pada Sabtu (24/3/2018) di Hall B JiExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Sambil membawa kamera, ia berkeliling Hall untuk mengambil berbagai gambar dari bus klasik ini. Berbeda dengan kebanyakan pengunjung yang memang terlihat lebih tertarik untuk berswafoto di depan bus.

“Lebih foto-foto busnya sih. Karena suka lihatnya kan. Saya juga memang suka fotografi,” jelasnya.

Ia menambahkan, melihat bus-bus klasik membawa semacam rasa nostalgia yang menarik.

“Bus klasik ini kan ibarat kata saksi sejarah. Yang melayani perjalanan ibukota jaman dulu. Jadi asik saja melihatnya kayak nostalgia,” tutur Gilang.

bussold2

Lain halnya dengan Slamet, ia mengaku tertarik datang karena memang menyukai bus sejak ia masih duduk dibang sekolah menengah pertama (SMP). Tidak hanya bus klasik saja, ia juga menyukai bus modern.

“Lebih suka yang bus klasik sih. Modelnya lebih gimana ya, menarik sih. Tapi kalau yang sekarang juga bagus-bagus, cuman lebih mewah kalau yang sekarang,” pungkasnya.

Fikri, sebagai project coordinator mengatakan, acara ini baru dua tahun diadakan. Di mana pameran ini dicetuskan oleh Jakarta Bus Society tahun 2011. Namun ditahun selanjutnya tidak ada kelanjutan rencana.

Kemudian di tahun 2016, ia bertemu dengan Event Organiser (EO) pameran bus seperti ini dan ditawarkan untuk bergabung mengisi bus klasik. Di mana, di dalam pameran tidak hanya ada bus klasik saja tetapi juga bus modern. Pada saat itu lah ia melihat potensi untuk mengadakan pameran khusus bus klasik.

“Dan keliatan antusiasnya tinggi. Tahun 2017 kita kemarin coba untuk satu hall khusus bus klasik sendiri, dan ini lah yang kedua. Untuk yang kedua ini koleksinya si memang hampir mirip (dengan sebelumnya). Tapi ada yang ga gabung lagi, ada yang baru bergabung,” pungkas Fikri.

Pameran bus klasik INCUBUS ini telah diselenggarakan sejak 22 Maret dan berakhir sore tadi pukul 17.00 WIB. Sampai menjelang ditutupnya acara ini, terlihat masih banyak pengunjung yang berkeliling untuk mengabadikan momen di sini. Rencananya, INCUBUS akan diadakan kembali tahun yang akan datang. (cw2/b)