Wednesday, 14 November 2018

Minggu Depan Diperbaiki

Tanah Dekat Jembatan Cipamingkis Bekasi Ambles

Sabtu, 24 Maret 2018 — 16:30 WIB
Jalan yang menghubungkan Jembatan Cipamangkis Ambles.(lina)

Jalan yang menghubungkan Jembatan Cipamangkis Ambles.(lina)

BEKASI – Jembatan Cipamingkis yang berada di Jalan Raya Loji Cibarusa, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, ambles. Dugaan ambles jembatan karena faktor tanah yang longsor. Hal itu disampaikan langsung Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Bekasi,Jamaluddin.

Kata Jamal, kerusakan jembatan Cipamingkis karena faktor tanah, bukan karena Spek jembatan, kondisi tanah yang rawan longsor, membuat jembatan tersebut tidak bisa bertahan lama.

“Kecuraman di Cipamingkis mencapai 80 derajat, Sehingga ketika banjir batu besar pun akan terbawa aliran air yang deras, mengakibatkan tanah juga ikut terbawa arus, membuat tanah menjadi longsor,” ucapnya.

Untuk memperbaiki Jembatan Cipamingkis, Jamal akan menunggu Anggaran Belanja Tambahan (ABT) sekitar bulan Oktober 2018, agar perbaikan jembatan bisa permanen.

“Kita anggarkan perbaikan secara permanen di ABT, untuk sekarang kondisi Jembatan Cipamingkis enggak terlalu mengkhawatirkan, karena masih kuat untuk dilewati kendaraan,” tuturnya.

longsor cipamingkis 1

Jamal menuturkan, sebenarnya Jembatan Cipamingkis terbatas untuk dilalui minibus, hanya saja saat Jembatan Jonggol terputus, Jembatan Cipamingkis menjadi jalur alternatife, sehingga banyak kendaran bernotase besar melintasin jembatan ini.

“Sebenarnya jembatan cipangmingkis terbatas untuk mobil besar, hanya saja karena jembatan jonggol terputus, mangkanya pada lalui jalan ini, itu salah satu penyebabnya,” tutup Jamal.

Sementara itu, mengenai kerusakan jalan akibat longsor di ruas Jalan Cibarusah-Serang Baru, Jamal berjanji akan segera dilaksanakan minggu depan.

“Kita akan perbaiki keretakan minggu depan agar pengendara motor dan mobil nyaman saat melewati jalan itu,” imbuhnya.

(lina/sir)