Wednesday, 14 November 2018

Wisata Alam Curug Parigi, Fasilitas Masih Minim

Sabtu, 24 Maret 2018 — 17:10 WIB
Fasilitas Masih Minim-cw1

BEKASI – Akses menuju Curug Parigi yang terletak di Kelurahan Cikiwul, Kecamatan Bantargebang, Kota Bekasi, Jawa Barat, masih terbilang sulit untuk diakses warga yang ingin berkunjung.

Dari Jalan Raya Narogong pun tidak ada papan petunjuk arah untuk menuju curug tersebut. Jalan menuju ke curug ini berpatokan pada Jalan Pangkalan 4 tepat di sebelah pabrik letak jalan tersebut.

Jalan di depan menuju ke curug ini kondisi sudah bagus dengan dicor. Akan tetapi perjalanan akan terhambat karena jalan utama ini diputus oleh salah satu pihak pemilik tanah di daerah tersebut.

Alhasil pengunjung pun harus melewati jalan yang dialihkan tapi tertutup. Untuk melewati jalan tersebut, pengunjung harus membayar sebesar Rp5.000 tanpa ada bukti pembayaran atau karcis masuk.

Fasilitas Masih Minim 1-cw1

Berdasarkan pengakuan warga sekitar Curug Parigi, penarikan uang tersebut merupakan wewenang dari pemilik lahan di akses jalan tersebut. Untuk diketahui, ternyata lahan di sekitar Curug Parigi dimiliki oleh salah satu perusahaan.

Jika sudah melewati jalan tersebut, pengunjung akan melewati jalan dengan tekstur kerikil dan tanah merah, serta dikelilingi oleh semak belukar. Setelah beberapa ratus meter maka pengunjung akan melihat ada empat bangunan warung yang berada di kanan jalan sekaligus juga menjadi tempat parkir untuk menuju Curug tersebut.

Untuk memasuki Curug Parigi, pengunjung tidak ada karcis masuk dan hanya membayar Rp2.000 untuk parkir kendaraan sekaligus untuk biaya masuk yang dikelola oleh warga sekitar.

Untuk akses menuju ke curug ini yang letaknya berada di bawah, warga sekitar membuat tangga buatan untuk memudahkan pengunjung turun. Karena pada awalnya tidak ada akses untuk turun dan hanya berupa tanah dulunya.

“Itu tangganya dibangun pas pertengahan tahun 2017. Kira-kira abis lebaran ini. Dibangunnya sama warga sini aja biar gampang orang turun ke curug,” ujar Janih warga setempat kepada poskotanews.com, Sabtu (24/3/2018).

Setelah sampai di bawah, pengunjung akan disajikan pemandangan air terjun yang indah untuk ukuran di tengah perkotaan. Dibalik keindahan yang disajikan, terdapat beberapa kurangan. Salah satunya ialah banyaknya sampah yang berserakan, dikarenakan sampah-sampah tersebut terbawa dari aliran sungai.

Perlu diketahui, aliran sungai di Curug Parigi merupakan aliran dari Sungai Cileungsi dan sering membawa sampah dari hulu sungai tersebut.

Selain itu, fasilitas pendukung pun bisa disebut masih minim. Sangat disayangkan fasilitas seperti MCK dan musola pun belum ada di curug ini. Pemerintah setempat sepertinya masih kurang memperhatikan kondisi wisata alam yang indah ini.

Walaupun dengan kondisi yang sangat terbatas ini, tidak mengurangi minat pengunjung yang ingin berwisata dan tidak menutup kemungkinan Curug Parigi menjadi rekomendasi tempat wisata alam murah meriah di Kota Bekasi.

(cw1/sir)