Tuesday, 20 November 2018

Kenangan Hj. RA Soegiarti Perlakukan Karyawan Seperti Anak

Minggu, 25 Maret 2018 — 0:31 WIB
Hj. RA Soegiarti pada perayaan HUT Pos Kota

Hj. RA Soegiarti pada perayaan HUT Pos Kota

KELUARGA besar Pos Kota kehilangan sosok ibu yang selama ini sangat dekat dan amat perhatian pada karyawan. Dialah Hj. RA Soegiarti Soegianto, Komisaris PT Media Antarkota Jaya (MAJ).

Bu Giarti, sapaan akrab Hj. RA Soegiarti, menghembuskan nafas terakhir di usia 92 tahun, Sabtu (24/3/2018). Kepergian ibu empat putri, nenek empat cucu dan satu cicit ini meninggalkan kenangan baik bagi semua yang ditinggalkan.

Di mata karyawan Pos Kota, wanita kelahiran Rembang,itu sangat baik, tutur katanya lembut dan amat perhatian pada karyawan. “Beliau memang tidak pernah menganggap karyawan sebagai orang lain, melainkan anak sendiri,” kata H. Saiful Rahim, salah satu Komisaris PT. MAJ.

Bu Giarti, bergabung dengan grup Pos Kota sejak tahun 1970-an saat media ibukota ini baru berdiri. Dia ikut merintis dan membesarkan Pos Kota. Suatu saat ia pernah bercerita, kala Pos Kota baru berdiri, ia ikut bertugas membeli kertas gelondongan lalu dinaikkan ke becak untuk dibawa ke percetakan. Kertas gelondongan itulah yang digunakan mencetak koran Pos Kota.

Hingga menjelang akhir hayatnya, Bu Giarti masih kerap mencurahkan perhatian pada keluarga Pos Kota.

TEMPAT CURHAT

Kepergian Bu Giarti membuat karyawan berduka dan merasa kehilangan. “Ibu Giarti sangat perhatian kepada keluarga karyawan, tak lupa jika ketemu karyawan yang ditanya bukan soal pekerjaan, tapi kabar anak istri. Sehat, sekolahnya gimana,” ucap H. Joko Lestari, Wakil Pemimpin Umum Pos Kota yang puluhan tahun menjadi anak buah Hj. RA Sugiarti.

Kedekatan Bu Giarti dengan karyawannya, terutama saat menjabat sebagai Pemimpin Perusahaan, membuat ia dianggap sebagai ibu sendiri oleh bawahannya. Karyawan tak sungkan bercerita tentang apa pun, termasuk soal ekonomi keluarga. ‘Dulu beliau memang menjadi tempat mengadu, tempat curhat,” sambung H. Joko.

Budi baik Bu Giarti juga tak bisa dilupakan oleh H. Dirham Sabirin, Asisten Redpel Pos Kota. ‘Selamat jalan Ibundaku, doaku menyertaimu. Anakmu Dirham,’ tulis Dirman di medsos mengungkapkan kesedihannya.

Hj. RA Soegiarti dikebumikan di Pemakaman Al-Azhar Memorial Garden, Karawang, Jabar, hari ini Minggu (25/3). Selamat jalan Ibunda. (*/ird)