Sunday, 18 November 2018

Giliran Prancis Mempermalukan Rusia 3-1

Rabu, 28 Maret 2018 — 1:03 WIB
Kylan Mbappe mencetak dua gol ke gawang Rusia (reuters)

Kylan Mbappe mencetak dua gol ke gawang Rusia (reuters)

RUSIA- Setelah kalah dari Kolombia 2-3, Prancis segera bangkit dan mampu membekuk Rusia 3-1 dalam laga persahabatan yang digelar di Saint-Petersburg Stadium, Rusia Selasa (27/3/2018) jelang tengah malam WIB.

Pada pertandingan pemanasan menuju Piala Dunia di Rusia Juni nanti, Prancis unggul lewat gol Kylan Mbappe pada menit ke-40 dan menit ke-83 serta gol Paul Pogba menit ke-49. Sedangkan gol balasan tuan rumah dicetak oleh Smolov menit ke-49.

Sementara bagi Rusia kekalahan ini kali kedua setelah sebelumnya juga dipermalukan oleh Brasil 3-0. Tentu ini jadi pelajaran pahit bagi Rusia yang bakal jadi tuan rumah meski memang yang dihadapinya adalag favorit juara.

Awal laga tampak Rusia lebih agresif menekan pertahanan Prancis. Sebaliknya Prancis lebih mengandalkan serangan lewat Mbappe. Pasalnya pelatih Didier Deschamps mencadangkan Griezmann dan Giroud.

Meski demikian secara perlahan Prancis semakin menguasai laga. Seperti pada menit ke-27 sepakan Martial sempat membentur pemain belakang Rusia dan bola jatuh ke hadapan Mbappe, yang berdiri di tengah kotak penalti. Striker PSG itu langsung melepaskan tembakan keras, tetapi bola mengarah tepat ke pelukan Lunev.

Usaha Prancis akhirnya berhasil. Berawal dari kerja apik antara Mbappe dan Pogba. Dengan jitu Pogba lalu melepas umpan kepada Mbappe yang menusuk ke kotak penalti. Striker PSG itu berhasil melewati hadangan Neustadter sebelum menaklukkan Lunev melalui sepakan terukurnya. Babak pertama berakhir 1-0.

Memasuki babak kedua Prancis langsung menggebrak. Baru lima menit laga berlangsung Pogba menambah keunggulan lewat tendangan bebas yang meluncur deras ke pojok gawang sehingga tidak mampu dijangkau oleh Lunev.

Prancis ingin meningkatkan serangan lalu pada menit ke-58 Griezmann masuk menggantikan Martial. Memang masuknya pemain Atletico Madrid membuat serangan Prancis kian tajam.

Namun justru Rusia yang mampu memperkecil kekalahan menit ke-68. Umpan diagonal Smolnikov gagal diantispasi oleh tiga pemain Prancis. Bola meluncur ke tiang jauh dan berhasil diteruskan ke gawang oleh Smolov.

Deschamps pada menit ke-72 memasukkan Giroud menggantikan Dembele. Serangan Prancis kian tajam dan akhinya 11 menit kemudian, semakin menjauh lewat gol Mbappe.
Menerima umpan dari Blaise Matui lalu Mbappe mampu menerobos ke kotak penalti Rusia, striker PSG itu melepaskan tembakan akurat yang melewati celah kaki Lunev.

Gol yang cantik tersebut membuat Prancis unggul 3-1 sebaba hingga perpanjangan waktu yang diberikan wasit, Rusia tidak lagi mampu mempekecil kekalahan. (b)