Wednesday, 19 September 2018

20 Tahun Berpisah, Lansia Ini Akhirnya Bertemu Keluarga

Kamis, 29 Maret 2018 — 10:16 WIB
Muhidin saat berada di panti (Foto dari Dinsos DKI Jakarta)

Muhidin saat berada di panti (Foto dari Dinsos DKI Jakarta)

JAKARTA – Dua puluh tahun sudah Muhidin (65) tak bertemu keluarga. Meski menderita kelainan fisik, ia nekat merantau ke Jakarta bersama istrinya untuk beradu nasib.

Namun semenjak ditinggal sang istri, hidupnya mulai tidak karuan. Karena keterbatasannya, ia sulit mendapatkan pekerjaan di Jakarta. Muhidin pun terpaksa menggelandang dan menjadi penarik gerobak sampah di daerah Pancoran, Jakarta Selatan.

“Waktu menggelandang di Pancoran, ia terkena penjangkauan oleh petugas yang berada di sana. Akhirnya Muhidin dibawa ke Panti Sosial Tresna Werdha Budi Mulia 2 Jelambar, karena kondisinya yang lanjut usia,” ucap Satuan Pelaksana Pelayanan Sosial Sasana Tresba Werda Budi Mulia 2 Jelambar, Setyaningsih melalui keterangan tertulis yang diterima poskotanews.com, Kamis (29/3/2018).

Muhidin ingin sekali pulang ke kampung halamannya untuk berkumpul kembali dengan keluarganya. Namun, tidak ada informasi sedikitpun mengenai keberadaan keluarganya. Ia hanya ingat nama kelurahan asal keluarganya berada.

“Kami mencoba menulusurinya dengan cara mencari nomor telepon Kelurahan Banjarsari, Kecamatan Banjar Bolang, Pemalang, Jawa Tengah. Tapi tidak membuahkan hasil,” ujar Setyaningsih.

Namun, Setyaningsih tak menyerah. Pihaknya terus mencoba dengan melakukan peneluauran melalui media sosial twitter. Ternyata, ada salah satu warganet yang mengenali Muhidin. Petugas langsunf merespon dan mencari tahu informasi keluarga Muhidin.

“Akhirnya kami dapat kontak keluarganya. Sekarang Muhidin telah dipertemukan dan dijemput keluarga. Keluarganya beralamat di Desa Banjarsari Kecamatan Bandar Bolang Kabupaten Pemalang Jawa Tengah. Keinginannya di usia senja dapat terpenuhi juga,” tandas Setyaningsih.

(cw6/sir)