Sunday, 23 September 2018

Meski Sampah Berserakan, Cisadane Dipakai Warga Cuci Pakaian

Kamis, 29 Maret 2018 — 15:45 WIB
Cisadane Dipakai Warga Cuci Pakaian-cw6

TANGERANG – Kota Tangerang, Provinsi Banten, termasuk salah satu wilayah yang dibentangi sungai Cisadane. Warga sekitar pun banyak memanfaatkan sungai tersebut untuk memancing dan mencuci pakaian.

Seperti di kawasan dekat Jembatan Merah, Jalan Perintis Kemerdekaan, Kota Tangerang. Warga sekitar tampak asyik memancing dan mencuci pakaian.

Padahal, kondisi sungai Cisadane di kawasan tersebut tidak terlalu bersih. Pantauan Poskotanews.com di lokasi, masih ada sampah berserakan di pinggir sungai.

Namun, dikatakan Dina (42), warga Babakan Kota Tangerang yang tengah mencuci pakaian di sungai Cisadane mengatakan, ia sudah terbiasa mencuci pakaian di sungai tersebut.

“Sudah biasa, dari dulu, dari kecil.  Dulu ada getek di sini,” ucapnya kepada Poskotanews.com, Kamis (29/3/2018).

Dina sendiri tidak mempermasalahkan jika di sungai Cisadane masih ada sampah yang berserakan. Tapi, ia mengakui jika air di sungai Cisadane memang tidak sejernih dulu.

“Bersihan dulu, kalau dulu mah bisa dipakai buat cuci beras,” paparnya.

Dina melanjutkan, alasan dirinya memilih mencuci pakaian di sungai Cisadane bukan karena air di rumahnya tidak bagus, melainkan karena ia lebih nyaman saja.

“Kalau di sini enak, tidak usah dibilas lagi,” katanya.

Selain Dina, warga sekitar lainnya juga sering mencuci pakaian di sungai Cisadane. Hal tersebut sudah dianggap sebagai tradisi oleh warga sekitar.

“Memang sudah tradisi orang-orang sini gitu,” tandasnya.

Sekedar informasi, selain dijadikan tempat memancing dan mencuci pakaian, banyak warga sekitar yang melakukan aktivitas lainnya, seperti bermain layangan, duduk-duduk di bangku pinggir sungai Cisadane, dan berolahraga lari.

(cw6/sir)