Saturday, 17 November 2018

Bangga! Atlet Sepatu Roda Asal Bekasi Akan Berlaga di Asian Games 2018

Jumat, 30 Maret 2018 — 19:29 WIB
Danu Supriyatno, pengurus Pengcab Perserosi Kota Bekasi di Bidang Pembinaan Prestasi. (cw1)

Danu Supriyatno, pengurus Pengcab Perserosi Kota Bekasi di Bidang Pembinaan Prestasi. (cw1)

BEKASI – Atlet Sepatu Roda Indonesia yang akan turun di Asian Games 2018 ternyata ada dua orang yang berasal dari Kota Bekasi. Cabang olahraga Sepatu Roda nantinya akan berlangsung di Palembang. Dua atlet tersebut bernama Elvio Augurius Laksono dan Radika Ananda Rais.

Hal tersebut dikatakan oleh Danu Supriyatno yang merupakan pengurus di Pengcab Perserosi Kota Bekasi di Bidang Pembinaan Prestasi.  “Saat ini mereka sedang mengikuti Pelatnas di Jakarta untuk persiapan Asian Games 2018,” Kata Danu kepada poskotanews.com di Lintasan Sepatu Roda Patriot Bekasi, Jumat (30/3/2018).

Mengenai harapan untuk Indonesia di cabang olahraga Sepatu Roda, Danu menyatakan tetap optimis, meski jika dibandingkan negara lain, Indonesia masih tertinggal jauh.

“Kalau dibilang pesimis sih ga juga ya. Kita tetap berharap dan selalu optimis. Kalau diukur memang kualitas kita masih tertinggal jauh dari Jerman, Korea, Cina, Taiwan, dan Kolombia juga masih kalah jauh kita,” tandasnya.

“Untuk waktu tercepat dunia, masih dipegang oleh Cina Taipei atletnya masih belia sekali, 14 atau 15 tahun umur dia. Itu di 300 meter 24 detik dia. Umumnya dunia itu baru sampe 25 detik. Kita Indonesia masih 26 atau 27 detik,” tambahnya.

lomba sepatu roda

Kejuaraan Sepatu Roda Piala Walikota Bekasi 2018.

Danu juga menyatakan kalau Sepatu Roda baru masuk di arena pertandingan internasional termasuk Asian Games 2018 nanti, dan uji cobanya pun baru tahun lalu yang sifatnya pun masih eksebisi atau uji kelayakan.

“Nanti (Asian Games 2018) akan dipertandingkan, itu pun masih satu nomor yaitu Marathon dengan jarak 42 Kilometer nanti di jalan raya. Padahal kan nomor-nomor di sepatu roda banyak, tapi yang baru dipertandingkan hanya Marathon. Mungkin ke depannya nanti makin banyak nomor-nomor yang diperlombakan,” imbuhnya.

Untuk kompetisi Sepatu Roda di daerah, ia mengaku Bekasi cukup diperhitungkan di Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jawa Barat di mana turnamen tersebut diikuti oleh Kota dan Kabupaten yang ada di Jawa Barat.

“Terakhir Porda tahun 2014 di Kabupaten Bekasi. Untuk Kota Bekasi, di Jawa Barat termasuk 4 besar dari 12 Kota dan Kabupaten. Nah kebetulan Bekasi pegang urutan ke dua setelah Kota Bandung,” terangnya.

Terakhir, ia menambahkan jika selain di Porda maupun PON, atlet-atlet Sepatu Roda Kota Bekasi juga menjalani karir di berbagai daerah baik itu sebagai pemain atau pun pelatih.

“Kalau secara individu kita masih menghasilkan banyak atlet-atlet bagus. Dari Kota Bekasi ada juga yang main di Kabupaten Bekasi, Bandung, Kalimantan, Jogja, dan di beberapa daerah Jawa Timur.” tutupnya. (cw1/win)