Monday, 19 November 2018

Ratusan Jamaah Datangi Katedral Ikuti Ibadah Jumat Agung

Jumat, 30 Maret 2018 — 9:14 WIB
Katedral dipenuhi jamaah yang akan mengikuti misa agung

Katedral dipenuhi jamaah yang akan mengikuti misa agung

 JAKARTA –  Gereja Katedral di Jakarta Pusat  melaksanakan ibadah Jumat Agung . Para jamaah mulai gereja umat katolik tersebut sejak pukul 08.00 WIB, dan gereja mulai penuh setengah  menjelang misa dilaksanakan.

Berdasarkan pantauan poskotanews.com, situasi di gereja terlihat aman karena ada sejumlah petugas yang menjaga disekitar gereja. Para jamaah yang tidak mendapat tempat di dalam gereja, tampak duduk tertib di halaman gereja yang sudah dipasangi tenda.

Jemaah yang akan beribadah di Gereja Katedral, dapat memarkirkan kendaraannya di Masjid Istiqlal. Namun karena nanti siang bersamaan dengan ibadah salat jumat, maka mereka bisa juga memarkirkan kendaraannya ke Sekolah Santa Ursula, Kantor Pos dan Bengkel peralatan Angkatan Darat yang berada di sebelah Gereja Katedral.

prosesi jalan salib

Teks : Persiapan prosesi jalan salib

Ibadah pertama yang akan dilakukan pada Jumat Agung ini dimulai dengan Jalan salib. Jalan salib merupakan salah satu bentuk visualisasi dari perjalanan Yesus Kristus. Hal ini dilakukan guna mengenang Yesus Kristus.

“Sebenarnya ada kemasan secara gereja sendiri, terus kita orang mudanya mengemas dengan cara lain. Tapi niatnya sama tetap mengenang sengsaranya (Yesus),” ujar Kevin, salah seorang pengurus OMK (Orang Muda Katolik) pada Jumat (30/3/2018) di Gereja Katedral, Jakarta Pusat.

Upacara Jumat Agung ini sendiri dibagi ke dalam 3 bagian. Yakni, ibadat sabda, penghormatan salib, dan komuni. (Cw2/tri)