Saturday, 17 November 2018

Tol Jakarta – Cikampek Macet, Contraflow Diberlakukan

Minggu, 1 April 2018 — 19:12 WIB
Contraflow di Tol Jakarta - Cikampek.

Contraflow di Tol Jakarta - Cikampek.

BEKASI – Rekayasa arus lalu-lintas dilakukan untuk mengurai kepadatan di Jalan Tol Jakarta Cikampek arah Jakarta di akhir libur Paslah, Minggu (1/4/2018). Sistem contraflow pun diberlakukan pad apetang hari.

“Jasa Marga memberlakukan contraflow pada pukul 18.15,” ujar Dwimawan Heru, AVP Corporate Communication PT Jasa Marga, dalam siaran persnya.

Lokasi contraflow dari Cikampek ada di Km 50 s.d. Km 35+600 arah Jakarta. Saat ini terpantau kondisi lalu lintas (lalin) arah Jakarta ramai.

Menurut Heru, pemberlakuan contraflow merupakan diskresi Kepolisian. Untuk mendukung kelancaran contraflow, Jasa Marga menyiagakan petugas dan penyiapan rambu-rambu.

Jasa Marga mengimbau kepada seluruh pengguna jalan untuk selalu berhati-hati dalam berkendara, mematuhi rambu-rambu dan mengikuti arahan petugas di lapangan.

Puncak arus balik libur Paskah 2018 diprediksi akan terjadi Minggu (01/04) dengan peningkatan volume lalu lintas (lalin) di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta melalui Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama sebanyak 90.000 kendaraan atau naik 19,66% dari lalin normal sebanyak 75.000 ribu kendaraan.

Sementara itu, pada hari Sabtu tanggal 31 Maret 2018 mulai terlihat dominan lalu lintas arus balik ke arah Jakarta melalui GT Cikarang Utama, yang tercatat sebanyak 72.900 kendaraan atau naik sebesar 19,9% dari lalin normal (60.800 kendaraan). Sedangkan kendaraan arah Cikampek yang melalui GT Cikarang Utama terpantau 63.600 kendaraan atau naik sebesar 1,4% dari lalin normal (62.750 kendaraan).

Jasa Marga mengimbau pengguna jalan untuk dapat mengantisipasi perjalanan kembali ke Jakarta baik dari segi waktu maupun jalur alternatif yang dapat digunakan. Jasa Marga prediksi titik kepadatan Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta yang akan terjadi adalah sebagai berikut :

– Simpang Susun Dawuan karena adanya arus lalin dari Cipali dan Purbaleunyi
– Rest Area Km 62
– Rest Area Km 52
– Km 47 karena adanya awal pekerjaan proyek Jakarta Cikampek II _Elevated_
– Rest Area Km 42
– GT Cikarang Utama

Untuk mengantisipasi kepadatan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta, Jasa Marga akan melakukan sejumlah strategi di antaranya :

– Optimalisasi kapasitas lajur dengan melakukan rekayasa lalu lintas _contraflow_ berdasarkan diskresi Kepolisian
– Pengalihan lalin ke GT Cikarang Barat 2 dan 4 serta pengalihan lalin ke jalan arteri alternatif jika diperlukan berdasarkan diskresi Kepolisian
– Peningkatan kapasitas transaksi di Gerbang Tol dengan mengoperasikan 29 gardu di GT Cikarang Utama arah Jakarta (pemanfaatan gardu _reversible_ dan _portable)_
– Penanganan kepadatan di _rest area_ dengan melakukan pengaturan buka-tutup _rest area_ Km 62, Km 52 dan Km 42 jika terjadi antrian kendaraan di _rest area_

Jasa Marga juga mengimbau pengguna jalan tol untuk selalu mematuhi rambu-rambu, berkendara dengan tertib, memastikan kendaraan dalam kondisi laik jalan serta selalu memastikan kecukupan saldo dan melakukan top up uang elektronik sebelum memasuki tol. Untuk kenyamanan, Jasa Marga juga mengingatkan agar pengendara memastikan kecukupan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan menyiapkan perbekalan yang cukup. (saban/yp)