Saturday, 17 November 2018

PKL Kuasai Trotoar di Jalan Ini

Senin, 2 April 2018 — 20:56 WIB
PKL berjualan di trotoar Jalan  Gorontalo, Sungai Bambu, Jakarta Utara.

PKL berjualan di trotoar Jalan Gorontalo, Sungai Bambu, Jakarta Utara.

JAKARTA – Trotoar di sepanjang Jalan Gorontalo I, Kelurahan Sungai Bambu, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara, dikuasai pedagang kaki lima (PKL). Hal ini mengganggu pejalan kaki yang mestinya menikmati fasilitas yang baru diperbaiki dengan menggunakan APDB tersebut.

Yunita (26), pejalan kaki, mengaku hampir sepanjang hari, terutama sore, pedagang menggelar lapak atau gerobak dagangannya di trotoar. Akibatnya, banyak pejalan kaki terpaksa melintas di badan jalan, bersaing dengan kendaraan bermotor.

“Bagaimana mau lewat kalau lapak dagangannya ditaruh di trotoar, kadang kalau kita lewat juga malah galakan dia (pedagang),” keluhnya, Senin (2/4/2018). Ia berharap petugas kelurahan atau Satpol PP segera menertibkan kawasan itu agar fungsi trotoar kembali.

Menanggapi hal itu, Lurah Sungai Bambu, Sumarno, mengatakan banyak pedagang menyewa tempat tinggal kepada warga setenpat. “Jadi awalnya pedagang itu ngontrak rumah, kemudian buka lapak buat jualan,” ucapnya.

Untuk masalah ini, sambungnya, ia mengaku sudah mengimbau pedagang agar lapak tempat usahanya tidak menutupi trotoar. “Kita juga memang ada toleransi ke pedagang. Mereka diperbolehkan berjualan pada sore, karena pada saat itu tidak terlalu mengganggu lalu lintas,” katanya. (deny/yp)