Monday, 19 August 2019

Peminat Rumah DP 0 Rupiah Masih Harus Bersabar Yaa…

Rabu, 4 April 2018 — 0:17 WIB
rumah dp nol persen

JAKARTA – Warga Jakarta tampaknya harus menunggu lebih lama untuk dapat mendaftar pembelian rumah DP 0 rupiah program Anies-Sandi yang digadang-gadang sejak kampanye. Pasalnya pembentukan Badan Layan Umum Daerah (BLUD) dinyatakan ditunda. Sedianya BLUD akan rampung dibentuk April 2018.

Padahal diketahui penjualan rumah murah tersebut dilakukan menunggu pembentukan BLUD.

Selain itu BLUD nantinya juga memiliki tugas menangani jual beli rumah DP 0 rupiah hingga mengatur persyaratan kepemilikan rumah. BLUD juga nantinya akan mengatur skema pembayaran rumah DP 0 rupiah.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan sebelum BLUD terbentuk pihaknya akan membentuk unit pelaksana teknis (UPT) terlebih dahulu.

” Nanti tanggal 16 (April) pemaparan. Mungkin UPT dulu,” kata Sandi di Balaikota Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Selasa (3/4/2018) malam.

Sandi menjelaskan, penundaan pembentukan BLUD karena Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Agustino Darmawan meminta waktu tambahan guna berkoordinasi dengan stakeholder yang terkait.

“Pak Agustino minta waktu untuk bentuk BLUD. Mau minta masukan dulu dari stakeholder termasuk pemerintah,” tandas Sandi.

Program rumah DP 0 rupiah merupakan program unggulan Anies dan Sandi yang sudah dikenalkan sejak masa kampanye pilkada. Sejauh ini, rumah DP 0 rupiah baru direncanakan dibangun Pondok Kelapa, Jakarta Timur. Ditargetkan rumah susun sebanyak 703 unit dengan dua jenis type itu akan rampung pada 2019 mendatang. (ikbal/b)