Tuesday, 13 November 2018

Rangkaian Festival Pesona Tambora 2018 Dimulai dan Heboh

Kamis, 5 April 2018 — 19:59 WIB
Rangkaian Festival Pesona Tambora 2018 Dimulai dan Heboh

Rangkaian Festival Pesona Tambora 2018 Dimulai dan Heboh

BIMA – Event bergengsi Festival Pesona Tambora 2018 sudah dimulai. Rangkaian festival, diawali dengan Sakosa Bike Tour di Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (1/4). Festival Pesona Tambora akan digelar sampai 11 April 2018. Event ini memiliki 8 kegiatan yang tersebar di 5 kabupaten/kota di Pulau Sumbawa.

“Rangkaian Festival Pesona Tambora memang sudah dimulai. Penyelenggaraan Sakosa Bike ini cukup meriah. Ini sebagai tanda kalau festival ini sudah dimulai,” ungkap Ketua Tim Pelaksana Calendar of Event (CoE) 2018 Esthy Reko Astuti, Kamis (5/4).

Festival Pesona Tambora 2018 mengambil tema ‘Tambora Challenge The World’. Ada banyak momen yang akan ditampilkan. Seperti parade 1.000 komunitas motor gede (moge) se-Indonesia, Rabu (4/4). Komunitas ini telah merapat ke Pulau Sumbawa sejak Selasa (3/4). “Kehadiran mereka semakin menggaungkan festival ini,” kata Esthy singkat.

Dengan target kunjungan 1.000-1.500 wisman, suhu festival dinaikan. Tano Festival juga disajikan di Sumbawa Barat. Eventnya Barapan Ayam dan Tano Run. Barapan Ayam, ini menjadi tradisi unik karena mengandalkan kecepatan ayam dan kepiawaian joki. Khusus Tano Run menjadi pembuka event Tambora Challenge 320K.

Digelar 4-7 April, Tambora Challenge 320K akan menjadi tantangan yang cukup memacu adrenalin. Karena jarak tempuhnya panjang, event lari ini akan terbagi dalam 7 etape. Etape pertama dengan start di Lapangan Poto Tano dan finish di Dusun Mpan Batu Gong. Rute ini menjadi yang terpanjang. Jaraknya mencapai 80 Km. Rata-rata per etape berikutnya memiliki jarak 20-60 Km dengan geografis beragam dan menantang.

“Tambora Challenge benar-benar memberikan tantangan. Butuh fisik dan mental prima untuk juara. Tapi, rute yang akan dilewati sangat menarik dan eksotis. Dijamin tidak membosankan bahkan sedikit banyak bisa mengurangi rasa lelah,” tutur Esthy lagi.

Usai memanjakan adrenalin di track panjang 320 Km, wisatawan bisa menikmati event Semalam Dalam Loka di Sumbawa pada 6-7 April. Ada 4 menu yang ditawarkan. Yaitu pentas seni tradisional, pameran ekonomi kreatif, dialog budaya, hingga pameran benda pusaka bersejarah di NTB.

Sedangkan untuk yang suka petualangan, bisa menikmati Jelajah Alam Tambora di Bima pada Minggu (8/4).

Dari Bima juga, wisatawan bisa menikmati suasana pantai melalui Lawata Festival pada 8 April. Di situ ada Festival Perahu yang diberi hiasan dan ornamen menarik.

Selain itu, ada Lomba Dayung. Suasana meriah juga ditawarkan Dompu full 1-10 April melalui Fest In Fest Tambora. Ada pawai budaya, Trail Adventure, Festival Kuliner, Tambora Coffee Fest, hingga Cera Labu.

“Tata waktu Fest In Fest Tambora sudah diatur sedemikian rupa. Tujuannya agar keramaian tetap ada sepanjang event Festival Pesona Tambora. Apalagi event ini juga dikolaborasikan dengan HUT Dompu yang ke-203. Yang jelas masih ada banyak event yang tidak boleh terlewatkan, meski pemanasan untuk festival ini dimulai hari Minggu kemarin,” tegas Esthy.

Festival Pesona Tambora ini memang memanjakan para penikmat petualangan. Pada 9-11 April nanti, akan digelar Indonesia Rider Jelajah Tambora.

Mengambil konsep ‘Explore The Amazing Tambora’, event ini terbagi dalam 3 etape. Start dimulai dari Kantor Bupati Lombok Barat lalu finish di Doro Ncanga di kawasan kaki Tambora.
“Kami berharap para wisatawan bisa menikmati beragam rangkaian Festival Pesona Tambora ini. Sebab, eventnya sangat seru. Sebagian besar memang menantang. Mumpung ini masih awal, ayo segera saja datang ke Pulau Sumbawa untuk menikmati Festival Pesona Tambora. Yang unik dan menarik semua tersaji lengkap di sini,” ujar Eshty lagi.

Aksi serba spesial akan diberikan pada perayaan puncak Festival Pesona Tambora, 11 April. Ada Tari Kolosal Nggahi Rawi Pahu, Menyanyikan Lagu Tambora Menyapa Dunia, hingga Navy Show Off. Selain itu, event Kampung Kuliner juga disajikan, termasuk Pameran Industri Kreatif dan Show Artis Ibu Kota dan Daerah.

Menteri Pariwisata Arief Yahya memberikan pujian untuk karakter unik festival.

“Bagi petualang pasti rugi kalau melewatkan festival ini begitu saja. Bagi yang sekedar bersantai, festival ini juga banyak memberikan atraksi yang seru dan menarik. Panorama yang disajikan lengkap, dari gunung sampai pantai,” pungkas Arief. (*)

RANGKAIAN AGENDA FESTIVAL PESONA TAMBORA 2018
Tano Festival di Kabupaten Sumbawa Barat

04 April 2018 : Barapan Ayam

04 April 2018 : Tano Run
Tambora Challenge

04 April 2018 : Pelepasan lari marathon 320 Kilometer

Semalam Di Dalam Loka, Kabupaten Sumbawa

06 – 07 April 2018 : Pentas Seni, Dialog Budaya, Pameran Benda Pusaka NTB
Teka Tambora, Kabupaten Bima

01 April 2018 : Sakosa Bike Tour

08 April 2018 : Jelajah Alam Tambora

09 April 2018 : Tourism Investment Forum (Di atas Kapal Perang)
Lawata Festival

08 April 2018 : Festival Perahu dan Lomba Dayung
Fest in Fest Tambora, Kabupaten Dompu

04 April 2018 : Pawai Budaya di Dompu

07 April 2018 : Trail Adventrue di Savana Doro Ncanga

09 April 2018 : Cera Labu di Kecamatan Kempo

10 April 2018 : Festival Kuliner, Tambora Coffee Festival
Indonesian Riders Jelajah Tambora 2018

09 – 11 April 2018 : Exploring The Amazing Tambora Mount
Acara Puncak Festival Pesona Tambora

11 April 2018 : Penampilan Budaya, Penampilan Artis Ibukota dan Pertunjukan Angkatan Laut. (prihandoko)