Tuesday, 11 December 2018

Tewaskan 31 Orang, 6 Peracik Miras Oplosan Ditangkap

Kamis, 5 April 2018 — 14:50 WIB
*Ilustrasi

*Ilustrasi

JAKARTA – sStelah menewaskan 31 warga dari Depok, Bekasi, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur, polisi telah menetapkan enam tersangka penjual minuman keras (miras) oplosan.

“Kemudian dari keterangan korban ini kita dapatkan ada tersangka enam yang kita amankan,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono di kantornya, Kamis (5/4/2018).

Seluruh tersangka ditangkap dibeberapa lokasi setelah polisi mendapatkan keterangan dari korban yang masih selamat terkait lokasi pembelian miras oplosan tersebut. Dua orang penjual masih diburu polisi.

“Dua tersangka ada di Bekasi Kota dan dua lagi DPO di Bekasi kota. Kemudian ada satu tersangka di Jakarta Selatan dan tiga tersangka 3 di Jakarta Timur,” ucap Argo.

Menurut mantan Kabid Humas Polda Jawa Timur ini, para korban membeli dilokasi yang berbeda-beda. Belum diketahui apakah antara tersangka terdapat kaitan atau masih satu jaringan. Mengenai kandungan miras sendiri masih didalami tim Labfor Polri.

“Jadi ini misal ada kegiatan beberapa orang dia membeli kemudian mencampur sendiri juga ada yang kemudian oplosan itu, dari berbagai minuman. Ada juga yang meracik disitu baru nanti korban pada minum disitu,” kata Kabid.

Reaksi yang ditimbulkan setelah menenggak minuman tersebut juga bervariasi. Diduga kandungan minuman tersebut memiliki dosis yang tinggi sehingga korban tidak kuat usai menenggak dan mengalami gejala pusing serta mual.

“Setelah minum antara pusing dan mual itu antara satu sampai tiga jam kemudian dibawa ke rumah sakit besoknya ada yang meninggal disitu,” tegas dia.

Dalam kasus ini, sebanyak 31 orang meninggal dunia terdiri dari tujuh orang di Bekasi Kota, enam orang di Depok, delapan orang di Jakarta Selatan, dan sepuluh orang di Jakarta Timur. (yendhi/yp)