Wednesday, 19 September 2018

Hutan Kota ini Bisa Jadi Alternatif Jalan-Jalan ke Mall

Minggu, 8 April 2018 — 16:42 WIB
hutan

JAKARTA – Di antara gedung-gedung pencakar langit dan hiruk-pikuk lalu lintas Jakarta, Hutan Kota Srengseng, Jakarta Barat, menjadi salah satu tempat yang menghadirkan udara sejuk. Tempat ini juga dapat dijadikan alternatif untuk berwisata.

Hutan kota ini menyediakan tempat bermain untuk anak. Meskipun fasilitas bermain yang disediakan tidak banyak tetapi cukup menjadi arena bersenang-senang bagi anak-anak. Ada juga danau yang bisa menjadi sarana untuk memancing dan sarana panjat tebing yang bisa untuk menjadi sarana menguji ketrampilan dan nyali.

Yaman, salah seorang pengunjung mengaku sering menjadikan hutan kota ini sebagai salah satu tempat berwisata dengan anak-anaknya. “Tidak hanya bermain tapi juga bisa mengenalkan berbagai jenis pohon ke anak-anak. Kita bisa jalan-jalan di tempat yang udaranya lumayan sejuk,” ujar Yaman ketika ditemui poskotanews.com, Minggu (8/4/2018).

Ia menganggap fasilitas di hutan kota ini memang masih sangat kurang. Tempat seperti ini mestinya dilengkapi dengan sarana bermain yang cukup sehingga anak-anak menjadi betah. Selain itu juga saranya yang tidak dikelola secara maksimal sehingga terkesan apa adanya.

“Jalanannya kalau bisa dirapihin dan selalu dijaga kebersihannya. Tempat-tempat istirahat seperti gazebo mestinya ditambah sehingga selain bisa untuk bersantai saat lelah juga bisa digunakan untuk berteduh kalau hujan, gak jauh-jauh lari nyari tempat neduh,” tambahnya.

Dari pemantauan, tempat untuk berteduh yang tersedia di hutan kota ini sangat minim. Kalau pun ada hanya tiang-tiang seadanya yang ditutup atap tidak terlalu luas. Kebersihan juga kurang sehingga sampah berserakan di jalanan di dalam hutan kota. Tidak hanya sampah daun-daun pepohonan tapi juga bungkus bekas makanan.

“Tempat sampah harusnya ada di sepanjang jalan sehingga kalau pengunjung mau membuang bungkus makanan bisa ke tempat sampah bukan asal membuang di sembarang tempat,” ujar Yaman.

Dengan kondisi yang tidak maksimal, banyak warga yang berkunjung ke tempat ini. Selain gratis suasana yang asri, segar dan alami membuat warga punya pilihan berwisata selain ke mall.(cw2/us)