Thursday, 24 May 2018

Fadli Zon: Kampanye, Pesawat Kepresidenan Tak Boleh Dipakai Jokowi

Selasa, 10 April 2018 — 18:23 WIB
Wakil Ketua DPR- RI Fadli Zon (cw4)

Wakil Ketua DPR- RI Fadli Zon (cw4)

JAKARTA – Wakil Ketua DPR- RI Fadli Zon mengatakan bahwa Pesawat Kepresidenan RI tak boleh digunakan Jokowi saat kampanye pilpres 2019 mendatang . Hal itu diungkapkannya setelah rapat dengan para pimpinan Fraksi di DPR, Senayan, Jakarta Selasa (10/4/2018).

Fadli Zon menganggap perlu pengkajian ulang terkait peraturan  KPU  yang memperbolehkan penggunaan  pesawat Kepresidenan tersebut untuk kampanye sang petahana.

Menurutnya, KPU harus juga bertindak adil kepada setiap para pejabat tinggi negara yang juga melakukan kampanye saat pesta demokrasi 2019 nanti.

“Aturan KPU ini  harus kita kaji yaa, kalau memperbolehkan yaa itu harus dilakukan secara adil juga sama pejabat petinggi yang lain dong, dan menurut logika saya pribadi itu gak boleh, kan bukan tugas negara,” paparnya

Terkait standar keamanan  yang melekat pada  Presiden, Fadli menganggap bahwa sudah ada aturan standar protokoler yang mengaturnya, sehingga walaupun menggunakan pesawat komersil, prosedur keamanan tetap bisa dilaksanakan.

“Ya, kan sudah ada aturan yang mengatur ada timnya juga, dan emang kalau naik kendaraan komersil gak aman gitu? dari juga aman aman aja,” paparnya.

Sementara secara terpisah Ketua KPU Arif Budiman mengatakan bahwa penggunaan pesawat Kepresidenan saat kampanye diperbolehkan oleh Peraturan KPU karena menyangkut standar keamanan yang melekat pada Presiden.

“Lho, kalau pesawat boleh, ini kan menyangkut keamanan presiden yang melekat di pak Jokowi dan itu ada standardnya, resikonya berat lho kalau kita gak punya presiden,” pungkasnya. (cw4/win)