Friday, 20 April 2018

Putusan PTUN

PKPI Akhirnya Lolos Pemilu, Hendropriyono Diarak Kader

Rabu, 11 April 2018 — 13:44 WIB
Hendropriyono. (dok)

Hendropriyono. (dok)

JAKARTA – Majelis hakim Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) mengabulkan gugatan pengurus Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) terhadap putusan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Dengan demikian, PKPI lolos untuk ikut sebagai peserta Pemilu 2019 mendatang.

 
Sesaat setelah putusan diketok hakim, kader PKPI yang memenuhi ruang sidang PTUN di kawasan Pulogebang, Jakarta Timur, Rabu (11/4/2018) sujud syukur. Mereka juga menghampiri dan memeluk Ketum PKPI, Jenderal TNI (Purn) Hendropriyono yang ada di ruangan yang sama. Bahkan, mereka mengarak Hendro dengan penuh suka cita serta linangan air mata.

 
“Akhirnya PKPI akan ikut dalam Pemilu 2019 dan atas nama seluruh jajaran PKPI dan keluara besar, saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada majelis hakim PTUN. Mereka telah bekerja keras dan berkeadilan atas nama Allah SWT,” kata Hendropriyono.

PTUN mengabulkan gugatan PKPI, sekaligus memerintahkan KPU menerbitkan SK untuk PKPI sebagai peserta Pemilu 2019.

Sebelumnya, pihak KPU memutuskan bahwa PKPI tidak lolos sebagai peserta Pemilu 2019 karena tidak memenuhi syarat (TMS). Kemudian diperkuat oleh putusan Bawaslu.

Selanjutnya,  pihak PKPI melakukan perlawatan hukum dan menggugat melalui PTUN. Dan akhirnya setelah melalui berbagai persidangan,  PTUN memutuskan dan mengabulkan gugatan PKPI ke KPU, dan memerintahkan pihak KPU mencabut surat keputusan (SK)  KPU mengenai penetapan parpol peserta pemilu.

 
“Memerintahkan tergugat untuk mencabut surat keputusan KPU Nomor 58/ PL.01.1-Kpt/03/KPU/II/2018 tentang penetapan partai politik peserta Pemilu tahun 2019; Memerintahkan tergugat untuk menerbitkan surat keputusan tentang penetapan penggugat, PKPI, sebagai parpol peserta Pemilu 2019,” jelas hakim saat membaca amar putusan.
(cw3/sir)