Friday, 14 December 2018

Oh, Pak Gubernur Zumi Zola Ternyata Anda Sama Sajalah

Kamis, 12 April 2018 — 7:22 WIB
zola

TAMPAN, gubernur paling muda, anak gubernur dua periode pula, artis idola kawula muda. Kekayaan dan kekuasaan sudah melimpah padanya. Tapi karena yang tak doyan uang itu cuma ayam, akhirnya Zumi Zola Gubernur Jambi itu terjebak suap Rp6 miliar. Seperti nasib sejumlah gubernur daerah lain, ternyata Anda sama sajalah!

Di era gombalisasi ini semakin banyak gubernur yang nggak bener. Sejumlah gubernur dari berbagai daerah, misalnya Sumut, Riau, Bengkulu, Sulawesi Tenggara, semuanya jadi pasien KPK gara-gara kasus korupsi. Ternyata Provinsi Jambi dengan gubernurnya yang muda dan tampan, ikut-ikutan pula “berpartisipasi” dalam kasus korupsi. Zumi Zola tak lama lagi bakal masuk penjara, gara-gara menyuap DPRD.

Zumi Zola itu mantan artis, gantengnya nggak ketulungan! Tapi sayang, sepertinya dia penderita THT pula. Bagaimana tidak? Di berbagai daerah diberitakan bahwa bupati dan gubernurnya dicokok KPK gara-gara praktek suap menyuap. Apakah dia tak mendengar, sehingga ikut-ikutan jadi praktisinya? Akhirnya, dia kini ikutan pula jadi tawanan KPK.

Sama seperti daerah lainnya, DPRD banyak yang suka “memeras” Kepala Daerahnya. Pembahasan APBD baru lancar manakala ada “uang pengertian”-nya. Dan di Jambi ini DPRD-nya manja betul, hanya mau menghadiri pengesahan APBD 2018 asalkan dikepeli. Gubernur Zumi Zola yang sudah kepalang basah, akhirnya cari sogokan ke berbagai kontraktor. Setelah terkumpul Rp6 miliar baru diserahkan ke DPRD. Ini namanya uang jin gantian dimakan setan!

Meski KPK sudah lama gelar OTT di Jambi, selama ini Zumi Zola mencoba berkelit. Tapi setelah kehabisan jurus Cimande sampai Cilukba….., akhirnya dia pasrah saja jadi tersangka KPK dan digelandang ke Jakarta. Dia dulu ikut bersemangat demo penjarakan Ahok, akhirnya ikutan jadi penghuni penjara pula.

PAN sebagai parpol yang selama ini sangat bangga dengan artis-artis besutannya baik di legislatif maupun eksekutif, tentu ikut kehilangan muka jadinya. Artis dididik jadi politisi, eh….malah ada yang terjebak jadi poli-tikus karena suka menggerogoti uang negara.

Ternyata, hanya ayam yang tidak doyan duit. Dan dengan ditangkapnya Zumi Zola ini, membuktikan bahwa dia juga sama saja kelakuannya dengan sejumlah gubernur yang ditangkap sebelumnya. –gunarso ts