Wednesday, 25 April 2018

Via Kampung Akuarium Bisa Belajar

Kamis, 12 April 2018 — 7:10 WIB

KEINGINAN warga korban kebakaran Taman Kota, Kelurahan Kembangan Utara, Jakarta Barat untuk bisa membangun kembali tempat tinggalnya yang dilalap si ‘Jago Merah’ kandas. Lahan yang selama ini ditempati warga akan dibangun jalan sejajar rel kereta.

Sambil menunggu proses pengosongan lahan yang merupakan aset negara itu, untuk sementara akan dibangun taman. Warga dilarang membangun rumah kembali di lahan eks kebakaran.
Larangan membangun kembali tempat tinggalnya membuat warga Kembangan Utara bingung. Mereka hanya bisa berharap Pemprov DKI Jakarta tidak menelantarkan.

Ratusan rumah yang dihuni ribuan jiwa itu dimangsa api pada 29 Maret 2018. Selain huniannya hangus, harta bendanya juga ludes terbakar. Mereka kini tinggal di tempat penampungan.

Warga korban kebakaran di Kembangan Utara tidak menampik bila lahan yang ditempati sejak tahun 1980-an adalah aset negara. Tetapi harapan mereka agar Pemprov DKI Jakarta tidak menelantarkan harus diperhatikan Gubernur Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Sandiaga Uno.

Carikan solusi yang tepat. Andai Pemprov DKI Jakarta akan memindahkan warga korban kebakaran ke tempat lain, upayakan lokasinya tidak jauh dari hunian lama.

Selain itu, Pemprov DKI Jakarta harus masif berdialog dengan warga. Berikan pemahaman seputar dilarangnya mereka membangun rumah kembali di lahan eks kebakaran, sehingga tidak kisruh.

Pemprov DKI jakarta juga perlu memperhatikan berbagai aspek bila akan memindahkan warga korban kebakaran di Kembangan Utara ke lokasi lain, terutama aspek ekonomi. Aspek ekonomi tentu saja berkaitan dengan kelangsungan mata pencaharian warga pasca direlokasi dari tempat tinggal semula. Tempatkanlah mereka di lokasi yang tak jauh dari hunian awal, sehingga mata pencahariannya tidak terganggu.

Pengalaman warga Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara, adalah pelajaran yang tidak ada salahnya bila dijadikan pertimbangan Anies dan Sandiaga dalam menerapkan kebijakan.
Warga Kampung Akuarium yang rumahnya digusur Pemprov DKI Jakarta beberapa tahun lalu, oleh Gubernur Ahok dipindahkan ke rumah susun di Jakarta Timur. Lebih kurang pas lagi, mereka yang sebagian besar nelayan ditempatkan di daerah jauh dari laut, sehingga tidak betah dan kabur lantaran kesulitan menafkahi keluarga. Warga pun nekat kembali ke lokasi lama, meski harus menghadapi berbagai risiko.

Fakta ini tidak ada salahnya bila dijadikan masukan Pemprov DKI Jakarta dalam menerapkan kebijakan untuk warga korban kebakaran di Kembangan Utara, Jakarta Barat. Apalagi slogan kampanye Anies-Sandiaga saat pilkada adalah, ‘Memajukan Kota dan Membahagiakan Warganya’. Kini saatnya duet pemimpin ini mempraktikkan slogan itu. @*