Thursday, 22 August 2019

Anggota DPRD DKI Ini Soroti Banyak Ular Ditemukan di Jakarta

Minggu, 15 April 2018 — 6:19 WIB
Warga yang menangkap ular sanca yang sedang berkeliaran di pinggir kali. (Wandi)

Warga yang menangkap ular sanca yang sedang berkeliaran di pinggir kali. (Wandi)

JAKARTA – Anggota DPRD DKI Jakarta Manuara Siahaan tidak setuju terhadap sejumlah pernyataan yang dilontarkan pejabat Pemprov DKI.

Salah satuna bahwa tidak benar belakangan ini makin banyak ditemukan binatang liar di wilayah perairan sebagai indikator meningkatnya kenyamanan lingkungan hidup di Ibukota.

“Menurut saya itu, statement yang keliru dan saya siap untuk memperdebatkan masalah ini bahwa makin banyak temuan ular bukan indikator kenyamanan lingkungan hidup,” ujar Manuara di Jakarta, Sabtu (14/4).

Menurutnya, wujud kenyamanan suatu kota justru ditunjukkan dari semakin minimnya ditemukan binatang liar yang berkeliaran bebas di tengah keramaian orang. “Apalagi kalau sering ditemukan binatang liar di lingkungan hunian warga, maka makin tidak amanlah permukiman tersebut,” tambah anggota Komisi D dari Fraksi PDI Perjuangan.

Hal itu dikatakan Manuara sehubungan banyaknya penemuan binatang liar seperti ular besar dan panjang, biawak, dan lainnya, termasuk sebelumnya buaya. Binatang liar pemakan daging itu kebanyakan ditemukan petugas Penanganan Prasana dan Sarana Umum (PPSU) saat membersihkan bantaran kali maupun saluran air.

Dalam beberapa pekan ini beberapa kali ditemukan ular pithon sepanjang delapan meter. Sejumlah pejabat Pemprov DKI termasuk beberapa pejabat walikota menyatakan banyaknya penemuan binatang liar di perairan karena makin nyamannya kondisi lingkungan kota.

maruara

Anggota DPRD DKI Jakarta Manuara Siahaan

“Bagi saya itu pernyataan keliru. Karena indikasi kenyamanan suatu kota justru berbalikan dengan statement tersebut. Apalagi binatang buas ular yang bisa mematikan dan membahayakan manusia, khususnya anak-anak, harus diamankan dari lingkungan permukiman. Dengan banyaknya ular berkeliaran di tengah masyarakat, petugas harus meningkatkan antisipasi,” tandas Manuara sambil berharap SKPD terkait agar meningkatkan keamanan perairan maupun gorong-gorong di Jakarta. (joko/b)