Saturday, 20 October 2018

Demi Kesembuhan Isteri, Jual 2 Babi Buat Ongkos ke Jakarta

Minggu, 15 April 2018 — 22:05 WIB
Kepala Perwakilan Pemerintah Provinsi NTT di Jakarta.

Kepala Perwakilan Pemerintah Provinsi NTT di Jakarta.

JAKARTA – Pasangan suami isteri asal Nusa Tenggara Timur (NTT), Nikolaus Newa dan Fransiska Enga ini beritanya sempat ramai di media massa. Pasalnya, mereka datang ke Jakarta ingin berobat, tetapi justru dibawa ke panti sosial.

“Jadi bapa tua (Nikolaus) ini datang ke Jakarta untuk mengobati ibu (Fransiska). Yang kedua mau dapat KIS (Kartu Indonesia Sehat-red),” ungkap Bertoldus Lalo, Kepala Perwakilan Pemerintah Provinsi NTT di Jakarta, saat ditemui Poskotanews, Minggu (15/4/2018).

Berto saat itu sedang mendampingi Nikolaus yang sedang menunggui isterinya di RS Fatmawati. “Saya ke Jakarta untuk obati ibu, cari KIS, tanpa kartu KIS saya tak bisa obati ibu,” ujarnya Nikolaus logat khasnya sambil makan.

Menurut pengakuannya, isterinya sempat dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah Ende, Flores, NTT seminggu. Tapi tidak ada perubahan hingga memutuskan pulang. Mereka lalu berpikir pergi ke Jakartaagar dapat rumah sakit yang baik.

Nikolaus akhirnya memutuskan menjual 2 babi piaraannya seharga Rp5 juta. Berbekal uang Rp5 juta, Nikolaus dan isterinya naik kapal Rp750 ribu menuju Surabaya. Ia sempat ke Rumah Sakit Dr Soetomo dengan membawa SKTM.

Tapi karena beda daerah SKTM tidak berlaku. “Karena di RS Dr Soetomo bayar, pergilah kami naik bus ke Jakarta untuk mendapatkan KIS itu,” jelasnya. Niko dan isterimya sempat bertemu teman dan diajak ke Banten. Tapi akhirnya kembali ke Jakarta sampai di Pasar Rebo. Karena isterinya sedang sakit mereka mampir ke warung di Pasar Rebo.

“Saat tanya-tanya sama orang yang sedang makan, ada orang panti. Bapa Tua ini cerita. Mungkin karena SOP-nya orang macam bapa tua dan ibu ini dianggap orang telantar langsung dibawa ke panti. Padahal bapa tua ini tidak habis uang,” sambung Bertoldus Lalo yang menceritakan mengapa keduanya sempat ada di Panti.

Saat ini baik Nikolaus maupun Fransiska berada di Rumah Sakit Fatmawati, Jakarta Selatan. Fransiska sudah mendapatkan perawatan dan penanganan medis yang baik. Sedangkan, Nikolaus dalam kondisi yang sehat. (cw3/us)