Sunday, 16 December 2018

Di Semua Aspek Jokowi Ungguli dari Prabowo

Minggu, 15 April 2018 — 20:53 WIB
Presiden Joko Widodo (reuters)

Presiden Joko Widodo (reuters)

JAKARTA – Elektabilitas Joko Widodo tidak tergoyahkan. Posisinya masih tertinggi di antara pesaing lainnya. Menurut Survei Nasional Opini Publik 2018 Lembaga Survei KedaiKOPI (Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia).

“Jadi jika Jokowi rematch hari ini menghadapi Prabowo, maka ia tetap unggul,” kata Founder Lembaga Survei KedaiKOPI Hendri Satrio, Minggu (15/4).

Survei ini menampilkan elektabilitas sejumlah nama calon presiden dan wakil presiden. Saat nama Joko Widodo disandingkan dengan sejumlah nama lainm mendapat dukungan (48,3 persen) diikuti Prabowo Subianto (21,5 persen), Gatot Nurmantyo (2,1 persen) lalu TGB Zainul Madji, Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono sama-sama 1,1 persen suara.

Pada pertanyaan terbuka, Jokowi juga berada pada posisi teratas top of mind masyarakat sebagai calon presiden (35,1 persen), sedangkan Prabowo berada di posisi kedua dengan dukungan 12,0 persen. Nama Gatot Nurmantyo di urutan ketiga dengan dukungan 1,1 persen, lalu Agus Harimurti Yudhoyono didukung 0,7 persen dab TGB Zainul Majdi 0,5 persen.

“Ada nama lainnya tak sampai 0,5 persen seperti Hari Tanoe, Anies Baswedan, dan Edy Rahmayadi,” lanjut Hendri.

Kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintahan Joko Widodo masih tinggi. Sampai saat ini, 66,5 persen publik mengaku puas pada pemerintahan Joko Widodo terutama pada bidang kesehatan, infrastruktur, pendidikan dan hubungan luar negeri. Hanya 33,5 persen yang menyatakan tidak puas.(us)