Friday, 21 September 2018

Dipamerkan, Hasil Olahan Sampah Kepulauan Seribu

Minggu, 15 April 2018 — 17:33 WIB
Sudin LH Kepulauan Seribu, ikut memamerkan kerajinan hasil limbah sampah di acara HPSN . (deny)

Sudin LH Kepulauan Seribu, ikut memamerkan kerajinan hasil limbah sampah di acara HPSN . (deny)

JAKARTA – Berbagai kerajinan hasil limbah plastik dan olahan sampah dipamerkan Sudin Lingkungan Hidup (LH) Kepulauan Seribu, pada puncak peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2018. Pameran itu digelar di KBN Marunda, Cilincing, Minggu (15/4/2018).

Kepala Sudin LH Kepulauan Seribu, Yusen Hardiman, mengatakan sengaja membuka stan pameran dengan tujuan memberikan edukasi pengolahan sampah kepada masyarakat. “Dan kebetulan juga momen-nya bertempatan dengan HPSN,” ucapnya.

Menurutnya, sejumlah kerajinan hasil olahan limbah sampah baik plastik maupun non plastik yang dipamerkan merupakan bagian dari pengolahan sampah di Kepulauan Seribu. “Dengan ini kita juga dapat mengurangi sampah, bahkan menjadikannya bernilai ekonomis,” jelas Yusen.

Selain mempamerkan kerajinan hasil limbah sampah seperti tas jingjing dan kresek, produk batako yang dibuat dari limbah plastik juga menjadi daya tarik tersendiri.

Yusen mengatakan sebanyak 12 ton sampai 20 ton sampah per hari dihasilkan baik dari rumah tangga, tempat pariwisata maupun kiriman dari laut yang terbawa gelombang. “Kalau untuk ukurannya memang tidak selalu pasti,” katanya. “Sampah-sampah ini yang kami olah lalu kami pamerkan.” (deny/yp)